Food & Travel
·
20 Juli 2021 10:16
·
waktu baca 2 menit

5 Tips Menyantap Olahan Daging agar Tubuh Tetap Sehat

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
5 Tips Menyantap Olahan Daging agar Tubuh Tetap Sehat (89960)
searchPerbesar
Ilustrasi makan daging. Foto: Thinkstock
Hi!Pontianak - Menyantap olahan daging kambing ataupun sapi saat Idul Adha tampaknya sudah jadi momen wajib masyarakat Indonesia. Biasanya paket kurban diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari sate, sop empal, tongseng hingga gulai.
ADVERTISEMENT
Meski terasa nikmat disantap, daging tetap saja memiliki reputasi kurang baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini tips sehat agar tetap bisa menikmati olahan daging:
1. Pilih Daging Tanpa Lemak
Untuk menyiasati dampak buruk daging bagi tubuh, pertama-tama pilih bagian daging rendah lemak. Untuk daging kambing, lemak paling sedikit biasanya terdapat pada bagian punggung, paha, dan kaki.
Kamu juga bisa mengurangi konsumsi lemak dengan membuang air rebusan daging yang biasanya mengandung banyak lemak.
2. Hindari Dibarengi dengan Minuman Soda
5 Tips Menyantap Olahan Daging agar Tubuh Tetap Sehat (89961)
searchPerbesar
Ilustrasi steak. Foto: Shutterstock
Hindari meminum minuman manis atau bersoda setelah mengonsumsi olahan daging. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat tubuh menjadi gemuk.
Penumpukan lemak yang tidak terpakai pada tubuh orang yang mengonsumsi minuman bersoda diketahui lebih banyak dibandingkan mereka yang mengonsumsi air putih.
ADVERTISEMENT
3. Kombinasikan dengan Sayur
Saat Idul Adha jangan hanya mengonsumsi daging saja. Tapi, imbangi dengan sayuran. Sayur bisa jadi penyeimbang daging karena kaya akan serat yang terkandung di dalamnya.
Serat inilah yang kemudian membantu melancarkan pencernaan sekaligus mencegah proses penyerapan kolesterol berlebih dari daging kambing. Selain sayur, juga perlu mengonsumsi buah-buahan untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.
4. Batasi Porsi
Meski terlihat enak disantap, tetap harus menahan diri untuk tidak menyantap olahan daging kambing berlebihan. Walaupun daging kambing memiliki nutrisi tinggi, tetap saja ketika dikonsumsi secara berlebihan, memberi dampak kurang baik bagi tubuh. Misalnya, kenaikan berat badan, peningkatan kolesterol, hingga diabetes.
5. Atur Waktu Makan Daging
Karena Hari Raya Kurban, kemungkinan menu di rumah dipenuhi dengan olahan daging. Meski begitu kamu harus tetap mengatur atau memberi jeda waktu santapan daging tiap harinya. Beri jeda waktu 6 jam dari waktu makan pertama (siang) dan waktu makan kedua (malam). Selama waktu tersebut tubuh akan mencerna makanan.
ADVERTISEMENT