kumparan
search-gray
Food & Travel29 Juli 2020 12:57

7 Tips Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha

Konten Redaksi Hi Pontianak
7 Tips Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha (627465)
Ilustrasi daging kambing. Foto: Thinkstock
Hi!Pontianak - Idul Adha tinggal menghitung hari, tentunya sudah bersiap untuk membuat berbagai olahan daging kurban. Sate kambing mungkin menjadi salah satu hidangan andalan, selain gulai dan tengkleng.
ADVERTISEMENT
Mengolah daging kambing menjadi sate memang susah-susah gampang. Salah mengolah bisa membuat sate kurang nikmat saat dimakan.
Namun, kamu jangan khawatir berikut cara membuat agar sate kambing tidak bau amis dengan daging yang empuk dan enak:
1. Pilih Daging Kambing yang Tepat
7 Tips Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha (627466)
Ilustrasi daging kambing. Foto: Thinkstock
Jenis dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan, biasanya memiliki serat dagingyang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak kandungan lemak sehingga enak dibuat menjadi sate.
2. Potong Daging Jangan Terlalu Tebal
Cara membuat sate kambing empuk dan enak adalah salah satunya memperhatikan cara pemotongan daging. Ketika memotong daging untuk sate, jangan terlalu tebal. Akan lebih baik jika tipis agar cepat matang dan empuk. Karena daging kambing sendiri sudah banyak urat, umumnya rentan keras saat matang. Jika potongannya tebal, keras atau alotnya semakin terasa.
ADVERTISEMENT
3. Jangan Dicuci
Menurut beberapa penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas.
4. Tambahkan Nanas
7 Tips Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha (627467)
Ilustrasi nanas. Foto: Thinkstock
Cara membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan mengilangkan bau daging kambing.
5. Beri Banyak Bumbu
Pastikan memberikan bumbu yang banyak agar bisa menutupi prengus. Gunakan bawang putih, daun jeruk dan ketumbar untuk memberi aroma sedap. Perasan jeruk nipis juga bisa memberi cita rasa segar. Sate kambing juga tak akan sedap tanpa kecap manis, jadi tambahkan kecap manis agar gurih.
6. Jangan Bakar dengan Api Besar
ADVERTISEMENT
Jangan membakar daging kambing dengan api besar karena mudah membuatnya alot dan bahkan gosong namun bagian dalamnya tidak matang. Bakar dengan api sedang dan sebisa mungkin panasnya bukan dari api namun dari bara arang.
7. Pelengkap Sate
7 Tips Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat untuk Hidangan Idul Adha (627468)
Ilustrasi sate bumbu kecap ketumbar. Foto: Thinkstock
Semakin nikmat, jangan lupa menyediakan pelengkap sate, seperti bumbu kecap atau lalapan. Cara membuatnya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limau.
Selain itu, sate kambing juga bisa dicampurkan dengan bumbu kacang. Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white