kumparan
23 Apr 2019 14:56 WIB

Ada Mata Kuliah Golf di Prodi Penjaskes Universitas Tanjungpura

Mahasiswa Prodi Penjaskes FKIP Universitas Tanjungpura mengikuti mata kuliah olahraga golf. Foto: Lydia Salsabila
Hi!Pontianak - Tak banyak yang tahu, kalau di Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak, terdapat mata kuliah olahraga golf. Mata kuliah ini masih tergolong anyar, karena baru berjalan setahun terakhir.
ADVERTISEMENT
Salah satu dosen pengampu, Fitriani, mengatakan bahwa mata kuliah olahraga golf diadakan sebagai kurikulum baru berdasarkan hasil workshop bersama stakeholder, guru-guru, serta tim pengkaji.
Mata kuliah olahraga golf di Untan, digelar setiap Selasa pagi. Foto: Lydia Salsabila
"Berdasarkan hasil workshop, olahraga ini juga cukup diperlukan di perkuliahan, walaupun nantinya tidak tahu pengaplikasiannya di lapangan digunakan atau tidak. Namun statusnya kan masih sebagai mata kuliah pilihan, bukan mata kuliah wajib, jadi mahasiswa yang berminat boleh ambil, yang tidak berminat bisa mengambil mata kuliah pilihan lain," ujar Fitriani, Selasa (23/4).
Fitri menjelaskan kendala dalam praktek mata kuliah golf. Salah satunya adalah kendala keterbatasan alat, sehingga mahasiswa harus antre menunggu giliran.
"Karena semua masih serba minim, tapi peminatnya besar, cenderung tidak efektif dari segi aktivitas. Ada yang masih antre menunggu stik yang digunakan untuk latihan. Meskipun terbatas mahasiswa enjoy sih mereka. Ya namanya juga baru, bertahaplah," ujarnya.
Instruktur golf, Pardius (kiri), memberikan arahan cara memukul bola golf. Foto: Lydia Salsabila
Fitriani juga mengungkapkan, meskipun fasilitas masih terbatas, cukup banyak mahasiswa yang berminat mengambil mata kuliah olahraga golf.
ADVERTISEMENT
"Kalau lapangan sudah terfasilitasi, diberikan gratis oleh pengelola lapangan golf. Hanya untuk stik golf dan instruktur saja kita terkendala, karena namanya merintis, tetap masih terbatas. Mata kuliah juga baru pertama hadir. Nah, karena ini untuk pelajaran kuliah, stik, bola, pihak lapangan mau meminjamkan secara gratis, dan tidak perlu sewa," kata Fitriani.
Sebagai salah satu mahasiswa yang mengambil mata kuliah golf, Emi mengaku mata kuliah olahraga golf memiliki kesulitan di awal.
"Dulunya itu pengen coba dan penasaran, gimana sih mata kuliah golf ini. Nah, pas sudah milih mata kuliah ini, terus dijalani, awalnya memang susah untuk memukul yang benar. Tapi setelah dijalani dan diajari oleh instruktur, jadi bisa," ujar Fitri.
Meski hanya menjadi mata kuliah pilihan, namun banyak mahasiswa yang mengambil mata kuliah olahraga golf. Foto: Lydia Salsabil
Biasanya, perkuliahan dilaksanakan di lapangan Tanjungpura Golf Driving Range, yang lokasinya berada di belakang Auditorium Untan. Lapangan yang diresmikan pada 6 Maret 2016 ini merupakan hasil kerja sama antara pihak Untan dengan Persatuan Golf Indonesia (PGI).
ADVERTISEMENT
Lapangan yang memiliki lebar 80 meter, panjang 185 meter, dan 24 driving range ini bisa digunakan untuk siapa saja yang ingin belajar memukul bola golf. Tak heran, lapangan ini menyedot animo tinggi masyarakat Pontianak, terutama para pencinta golf di Kalimantan Barat dan para pegolf senior.
Tanjungpura Golf Driving Range sendiri dibuka untuk umum, mulai pukul 07.00 pagi, hingga pukul 21.00 WIB. Buat kamu yang ingin mencoba sensasi memukul bola golf, cukup merogoh kocek Rp 40 ribu untuk 50 bola, atau Rp 70 ribu untuk 100 bola. Cukup terjangkau bukan?
Pihal pengelola juga menyewakan alat pemukul, lengkap satu set. Jadi, jangan khawatir buat yang tidak mempunyai alat pemukul tapi ingin mencoba bermain. (hp6)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan