Bukan KONI, Atlet Sepatu Roda Kalbar Berangkat Pra PON Dibiayai Pengusaha Muda

Konten Media Partner
13 Agustus 2023 10:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Irwansyah Putra, atlet sepatu roda Kalbar. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Irwansyah Putra, atlet sepatu roda Kalbar. Foto: Lydia Salsabila/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - Setelah mengungkapkan kekecewaan dan viral di media sosial, atlet sepatu roda Irwansyah Putra akhirnya dipastikan jadi berangkat ke babak kualifikasi PON 2024 di Padang. Namun keberangkatannya itu bukan dibiayai oleh KONI, ia dibantu oleh seorang pengusaha muda asal Pontianak, Alfian Yunantoro.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Irwan terancam gagal berangkat ke babak kualifikasi PON karena KONI Kalbar menolak untuk membiayainya. Irwan kemudian mengeluhkan hal itu di media sosialnya, dan kemudain viral di media sosial.
Kisah atlet sepatu roda peraih 4 medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar ini, sejumlah pemerhati olahraga di Kalbar. Seorang pengusaha muda asal Pontianak, Alfian, kemudian mencoba menghubungi pihak Irwan, dan menawarkan untuk membiayai keberangkatan Irwan.
Irwan pun akhirnya memastikan ia akan tampil di babak kualifikasi PON 2024, pada 18 hingga 20 Agustus nanti di Padang. Saat ditemui oleh awak media, Irwan mengatakan, semula ia berharap keberangkatannya itu dibiayai oleh pemerintah, melalui KONI Kalbar. "Ternyata yang dibiayai hanya pendaftaran, keberangkatan, akomodasi, penginapan dan lain-lain, tidak dibiayai," ujarnya, Sabtu, 12 Agustus 2023.
ADVERTISEMENT
Di Kota Pontianak, Irwan sudah cukup sering mengikuti berbagai ajang kompetisi sepatu roda, dan meraih prestasi medali emas. Sementara di luar Kalbar, pria yang kini tengah menempuh pendidikan di Yarsi itu, pernah meraih medali perak. "Pernah tanding di Malang, Bandung, Bekasi, Bantul, dan Medan," sebutnya.
"Kemarin kan postingan saya viral, lalu banyak yang mau bantu. Tapi kalau dari pengurus belum ada yang menghubungi," ungkap Irwansyah.
"Alhamdulillah dibantu oleh salah satu pengusaha muda. Jadi kemarin ada salah seorang pengusaha muda yang mau membiayai dari keberangkatan sampai kepulangan. Namanya bang Alfian Yunantoro, saya sangat bersyukur sekali beliau mau membantu saya, apalagi nominalnya tidak kecil," tambahnya.
Saat ini Irwan menuturkan dirinya gencar melakukan latihan dan mempersiapkan diri untuk Pra PON. "Saya berharapnya, dengan adanya berita ini, semoga bisa menjadi pembelajaran buat para pengurus, agar tidak memandang rendah cabor yang kurang menonjol. Kalau bisa atlet terbaik di Kalbar diberikan biaya dan fasilitas," pungkasnya.
ADVERTISEMENT