Pencarian populer

Cerita Ivan Gunata, Dokter TNI yang Disebut Mirip Lee Seung Gi

Ivan Paulus Gunata. Foto: Instagram @doktercombat
Hi!Pontianak - Dokter Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat Kapten, Ivan Paulus Gunata, menjadi pembicaraan warganet di media sosial bekangan ini. Dia disebut-sebut mirip aktor asal Korea Selatan, Lee Seung Gi.
ADVERTISEMENT
Di media sosialnya, Ivan kerap kali mengunggah konten berisi aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari kegiatan resminya sebagai dokter militer hingga aktivitasnya rutin berolahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya.
Ivan menjadi viral setelah disebut mirip artis Korea Selatan, Lee Seung Gi. Foto: Dok Hi!Pontianak
Ivan menceritakan awalnya dia tak pernah bermimpi menjadi perwira TNI, sebab sejak usia 3 tahun dia lebih gemar bermain alat musik seperti piano hingga drum.
"Sebagai anak tunggal, orang tua saya sangat protektif dalam berbagai hal," kata Ivan saat diwawancarai Hi!Pontianak, Jumat (1/6).
Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, itu mengaku keinginannya menjadi prajurit TNI muncul ketika dia lulus dari bangku kuliah. Saat itu Ivan berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha Bandung. Sejak lulus itulah dia bertekad menjadi prajurit TNI.
Ivan mengenakan pakaian dinas usai upacara. Foto: Dok Ivan Gunata.
"Saat itulah saya memutuskan, setelah lulus dokter, saya ingin menjadi prajurit TNI. Tidak ada pertimbangan apa-apa dan sampai saat ini saya tidak dapat menjelaskan apa alasannya. Mungkin kayak orang jatuh cinta ya, tidak dapat dijelaskan alasannya," kata Ivan.
ADVERTISEMENT
Berbagai upaya dilakukan Ivan untuk mencapai cita-citanya sebagai dokter. Dia mengatakan ingin melanjutkan pendidikan dan karier di bidang yang sama seperti ayahnya.
"Keluarga saya menentang pada awalnya. Terutama ibu saya, dengan dukungan diam-diam dari ayah, saya mendaftar (masuk TNI)," ungkap Ivan.
Ivan sempat tak diberi izin keluarga, terutama ibunya, untuk mendaftar ke TNI. Foto: Dok Ivan Gunata
Ibunya bahkan masih berusaha memulangkan Ivan saat anaknya itu sudah masuk pendidikan TNI.
"Ibu saya masih berusaha dengan berbagai cara untuk memulangkan saya. Namun atas kesabaran Komandan Satuan Pendidikan saya dulu, para pengasuh dan pelatih Dikmapa Perwira Karier di Akademi Militer, akhirnya ibu saya luluh," ungkap Ivan.
Ivan menuturkan awalnya dia pun tidak sanggup untuk menyelesaikan pendidikan, sebab kondisi tubuhnya mudah sekali jatuh sakit. Namun, dia tak menyangka bahwa ketahanan dan kekuatan tubuhnya meningkat selama pendidikan hingga selesai.
Ivan saat memantau proses orientasi prajurit baru. Foto: Dok Ivan Gunata
Ivan pernah ditugaskan di satuan kesehatan di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat; lembaga pendidikan militer di Singkawang; dan Rumah Sakit TNI Angkatan Darat di Pontianak dan Singkawang.
ADVERTISEMENT
"Saat ini saya menjadi Perwira Tugas Belajar dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis di Solo, Jawa Tengah," kata Ivan. (Hp8)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80