Pencarian populer

H-2 Jelang Cap Go Meh, Tatung Mulai Kesurupan

Seorang tatung mulai kesurupan, jelang perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang.

Hi!Pontianak. Menjelang perayaan Cap Go Meh, sejumlah ritual mulai dilakukan, Minggu (17/2). Selain naga, para tatung juga mulai melakukan ritual di sejumlah kelenteng yang ada di Singkawang, terutama di Vihara Tri Dharma Bumi Raya, yang berada di pusat Kota Singkawang.

Video

Pantauan Hi!Pontianak di Kota Singkawang, sejumlah tatung mulai mendapat “pesan” dari roh yang akan merasukinya, bahwa mereka akan tampil di perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang. “Tiga hari sebelum Cap Go Meh, kita sudah dapat pesan. Karena itu kita mulai bersiap dan melakukan beberapa ritual dan menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik,” kata Akong, seorang tatung ketika ditemui Hi!Pontianak di kediamannya, di Kawasan Pasiran, Singkawang Barat.

Karena usianya sudah lebih dari 80 tahun, Akong kini tak lagi ikut arak-arakan keliling kota. “Kalau pun ada yang ‘masuk’ saya di halaman rumah saja. Anak-ana saja yang ikut (festival Cap Go Meh),” ungkapnya.

Pada puncak perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Selasa (19/2) nanti, sebanyak 1.060 peserta akan ikut pada Festival Arak-arakan Tatung. (hp1)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61