Woman
·
8 Juni 2021 13:18
·
waktu baca 2 menit

Hindari 3 Jenis Makanan Ini saat Kulit Berjerawat

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Hindari 3 Jenis Makanan Ini saat Kulit Berjerawat (164828)
Ilustrasi makanan cepat saji. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami semua orang. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah antara lain faktor keturunan, hormon, kurang tidur dan juga makanan.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, agar terhindar dari masalah kulit, terlebih jerawat, tidak hanya selektif dalam memilih produk yang cocok di kulit, tapi juga selektif memilih makanan yang dikonsumsi.
dr. Richard Lee, melalui kanal YouTube-nya menjelaskan, ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat kulit berjerawat. Apa saja?
1. Makanan dan minuman yang kaya gula
Menurut dr. Richard makanan dan minuman yang terlalu banyak gula seperti nasi putih, minuman soda, roti, permen atau mie sebaiknya dihindari saat jerawat meradang.
Hal itu dikarenakan makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi akan merangsang insulin glikemik indeks yang tinggi dalam tubuh. Sehingga merangsang hormon androgen yang kemudian ‘membangunkan’ kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak sebum di kulit. Akhirnya, kulit jadi rentan berjerawat.
ADVERTISEMENT
2. Produk susu
Hindari 3 Jenis Makanan Ini saat Kulit Berjerawat (164829)
Ilustrasi susu. Foto: Pixabay
Menurut dr. Richard, produk susu memiliki asam amino yang tinggi sehingga dapat menaikkan hormon androgen pada tubuh. Di saat yang sama, kelenjar sebum jadi meningkat dan wajah menjadi lebih berminyak. Kalau sudah begini, jerawat jadi lebih rentan timbul.
Untuk itu, kamu yang lagi berjerawat, sebaiknya hindari atau mengurangi produk olahan susu seperti susu sapi, yogurt, keju, dan es krim.
3. Makanan cepat saji
Hindari 3 Jenis Makanan Ini saat Kulit Berjerawat (164830)
Fast food. Foto: Pixabay
Selain makanan dan minuman di atas, menurut dr. Richard Lee ada lagi makanan yang tanpa disadari juga membawa keburukan bagi kulit, adalah makanan cepat saji atau junk food. Makanan seperti ayam goreng, pizza, kentang goreng, dan hot dog disebutkan tidak memiliki nilai gizi dan bisa menghancurkan antioksidan dalam tubuh atau radikal bebas.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Menurutnya, omega-3 bersifat anti-inflamasi sehingga akan meredakan jerawat dan mengurangi kelenjar sebum berlebih. Selain itu, makanan dengan kandungan probiotik, minuman green tea, dan semua jenis sayur-sayuran serta buah-buahan.