Kebakaran Hutan di Desa Pasir Mempawah, 13 Hari Api Belum Padam

Konten Media Partner
2 Maret 2022 11:47 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas berusaha memadamkan api di lokasi Karhutla di Desa Pasir, Mempawah Hilir. Foto: Dok Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Petugas berusaha memadamkan api di lokasi Karhutla di Desa Pasir, Mempawah Hilir. Foto: Dok Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Hingga saat ini, kebakaran lahan yang terjadi di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, masih terjadi, Rabu, 2 Maret 2022. Terhitung sudah sekitar 13 hari api yang membakar lahan gambut itu belum berhasil dipadamkan.
ADVERTISEMENT
"Awal mulanya kebakaran itu pada hari Jumat, 18 Februari 2022. Sampai sekarang mungkin sekitar belasan hektare yang sudah terbakar," kata Ali, warga setempat.
Menurut Ali, tidak menutup kemungkinan kebakaran akan terus meluas, jika terjadi musim kemarau berkepanjangan. "Kalau kemarau terjadi otomatis lebih luas lagi. Bisa gelap tertutup kabut asap di sini, seperti beberapa tahun yang lalu," ujarnya.
Selama ini, proses pemadaman terkendala karena minimnya sumber air. Sedikit sekali parit di lokasi yang banyak ditanami pohon sawit ini.
"Beruntung kami ada buat parit, jadi disini bisalah untuk menyiram api. Kalau yang di sana tidak ada, jadi kesulitan memadamkannya," tambah Ali.
"Sementara untuk alat alat, dari (dinas) Kehutanan dan dinas-dinas terkait ada yang membantu. Terutama dari Kepolisian lah yang paling giat sampai sekarang," pungkas Ali.
ADVERTISEMENT