Kisah Sukses dari Balik Jeruji: 300 Pohon Cabai Rutan Pontianak Siap Dipasarkan

Konten Media Partner
11 September 2023 17:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ratusan pohon cabai yang ditanam warga Rutan Pontianak siap dijual. Foto: Dok Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Ratusan pohon cabai yang ditanam warga Rutan Pontianak siap dijual. Foto: Dok Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hi!Pontianak - Di balik tembok Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak, terdapat sebuah kisah luar biasa tentang perubahan dan harapan.
ADVERTISEMENT
Para warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Pontianak telah mengubah masa hukuman mereka, menjadi kesempatan yang tak ternilai dalam dunia pertanian.
"Hari ini, dengan bangga, mereka merayakan panen pertama mereka, 300 pohon cabai yang siap untuk dipasarkan," kata Kepala Rutan (Karutan) Raja M. Ismael Novadiansyah, Senin, 11 September 2023.
Raja menambahkan, ini merupakan kisah yang menginspirasi. "Masa lalu yang kelam, telah digantikan oleh masa depan yang berkilau. WBP yang sebelumnya mungkin terpisah dari keluarga, sekarang telah menemukan arti baru dalam berkebun dan kerja keras mereka. Mereka bersatu untuk merawat kebun cabai, yang sekarang menjadi sumber kebanggaan mereka," tambahnya.
Kebun cabai ini tidak hanya tentang panen, tetapi juga tentang pembinaan. Ini adalah bukti bahwa semua individu, terlepas dari masa lalu mereka, memiliki potensi untuk berubah, dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.
Sebanyak 300 pohon cabai yang ditanam warga binaan Rutan Pontianak, kini siap dipasarkan. Foto: Dok Hi!Pontianak
"Ini adalah bukti bahwa kesalahan masa lalu, tidak harus menentukan masa depan seseorang. Dengan kesempatan yang tepat dan kerja keras, siapapun dapat berubah,” ungkap Raja, seraya menyatakan dukungannya terhadap program positif ini.
ADVERTISEMENT
Keluarga WBP dan masyarakat sekitarnya, sangat antusias untuk mendukung panen perdana ini. Cabai yang dihasilkan memiliki kualitas, dan memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik bagi WBP.
"Panen cabai dari Rutan Pontianak bukan hanya tentang tumbuh subur, tetapi juga tentang memberikan harapan dan inspirasi kepada semua orang. Ini adalah kisah tentang perubahan, dan bukti, bahwa setiap orang memiliki potensi untuk mengubah hidupnya dan menjadi aset bagi masyarakat untuk turut serta aktif dalam pembangunan dan pengentasan kemiskinan," paparnya.