Mal Pelayanan Publik Pontianak Akan Suguhkan Pemandangan Sungai Kapuas

Konten Media Partner
24 Februari 2023 14:35
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Hi!Pontianak - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Kompleks Kapuas Indah Jalan Kapten Marsan Kelurahan Benua Melayu Darat Kecamatan Pontianak Selatan, Jumat, 24 Februari 2023. Hingga kini pengerjaan pembangunan gedung masih dalam proses dan sudah mencapai 54 persen.
Edi berharap dalam waktu tiga bulan ke depan, mal pelayanan publik yang akan menyuguhkan pemandangan Sungai Kapuas ini dapat segera difungsikan.
"Kawasan Kapuas Indah, Pasar Cempaka termasuk Pasar Tengah nantinya akan menjadi sebuah kawasan representatif sebagai pusat perdagangan sekaligus pusat pelayanan publik, pemerintahan dengan suguhan pemandangan waterfront Sungai Kapuas," ujarnya.
Menurut Edi, keberadaan MPP ini merupakan bagian dari penataan kawasan waterfront dan Kapuas Indah. Dengan kehadiran MPP yang menjadikan waterfront sebagai wajah terdepan gedung, diharapkan lebih rapi dan tertata serta estetik.
"Target penyelesaiannya bulan Oktober 2023, bahkan kalau bisa lebih cepat lebih baik," ujar Edi.
Edi Rusdi Kamtono meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Edi Rusdi Kamtono meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik. Foto: Dok. Prokopim Pemkot Pontianak
Ia menambahkan, untuk jumlah jenis pelayanan yang akan disediakan pada MPP sebanyak 21 jenis layanan. Penyedia layanan selain dari Pemkot Pontianak, juga ada dari kementerian dan lembaga.
"Untuk instansi di luar Pemkot Pontianak sudah siap dan kita juga telah berkoordinasi seperti pihak kepolisian, kementerian keuangan, Imigrasi dan Kementerian Agama," sebutnya.
Edi menuturkan, MPP juga menjadi program unggulan pemerintah pusat yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk mengarahkan daerah-daerah membangun Mal Pelayanan Publik.
"Tujuan berdirinya MPP adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik yang terpusat dan terintegrasi sehingga lebih efisien dan cepat, artinya pelayanan di sini One Stop Service," katanya.
Lebih dari 30 tahun silam, kawasan Kapuas Indah tidak pernah tersentuh penataan. Sejalan dengan itu, pembangunan MPP di kawasan ini diharapkan mampu mempercantik dan memperindah bangunan yang ada serta membangkitkan kembali aktivitas perekonomian di sekitarnya. Selain itu, kawasan di depannya juga akan dibangun Pujasera menghadap waterfront.
"Sehingga pedagang-pedagang di sini kita harapkan mendapat dampak positif dengan banyaknya masyarakat yang datang ke MPP," pungkasnya.