Woman
·
5 Desember 2020 10:41

Mengenal Perbedaan Content Specialist, Content Writer, dan Copywriter

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Mengenal Perbedaan Content Specialist, Content Writer, dan Copywriter (25434)
Ilustrasi pekerja di industri kreatif. Foto: Unsplash
Mengenal Perbedaan Content Specialist, Content Writer, dan Copywriter
Hi!Pontianak - Berkembangnya teknologi membuat jenis pekerjaan semakin beragam. Salah satunya adalah bekerja dalam industri kreatif yang harus menghasilkan konten-konten menarik dan berkualitas. Seperti pekerjaan dalam bidang content specialist, content writer, dan copywriter.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, beberapa orang masih sulit untuk membedakan tiga profesi tersebut. Nyatanya, di beberapa perusahaan pun masih menggabungkan profesi tersebut menjadi satu.
Dalam unggah thread di Twitter @andinrahmana, ia membagikan perbedaan dari seorang content specialist, content writer, dan copywriter. Berikut di antaranya:
Content Specialist
Seorang content specialist memiliki urusan yang lebih luas dari media sosial. Pekerjaan ini bisa merencanakan dan membuat konten dalam bentuk video, infografik, podcast, artikel, e-book, dan masih banyak lagi. Biasanya pekerjaan ini akan bekerja bersama fotografer, videografer, ilustrator, dan desainer.
Content Writer
Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini lebih berfokus pada tulisan. Seorang content writer akan membuat tulisan panjang berupa artikel atau konten di website atau media lainnya. Ada pula yang memang spesialisnya adalah seorang SEO (Search Engine Optimize) Content Writer.
ADVERTISEMENT
Copywriter
Sama-sama berfokus pada tulisan seperti content writer, namun seorang copywriter harus membuat kalimat atau kata-kata yang lebih pendek dan catchy. Seorang copywriter akan bermain kata untuk membuat sebuah timeline, key message, headline copy, untuk sebuah iklan, judul atau isi e-mail marketing, yang dapat menarik perhatian audien.