Tekno & Sains
·
15 Oktober 2020 11:08

Mengenal Sea Monkeys, Hewan Peliharaan Instan yang Viral di TikTok

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Mengenal Sea Monkeys, Hewan Peliharaan Instan yang Viral di TikTok (22264)
Ilustrasi TikTok Foto: AFP/Joel Saget
Mengenal Sea Monkeys, Hewan Peliharaan Instan yang Viral di TikTok
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Sejak pandemi corona, banyak yang menemukan dan mengerjakan hobi baru untuk mengisi waktu luang selama di rumah aja. Mulai dari memasak, bercocok tanam, memelihara ikan cupang hingga memelihara hewan peliharaan instan.
Sea Monkeys atau yang dikenal dengan monyet laut, merupakan hewan peliharaan instan yang viral di media sosial, TikTok. Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, kenali dulu yuk apa itu Sea Monkeys.
Berawal dari seorang ilmuan asal New York bernama Harold Von Braunhut pada tahun 1950-an yang menciptakan satu jenis hewan yang dapat dijadikan peliharaan. Hewan ini merupakan persilangan dari berbagai spesies udang laut yang kemudian dipasarkan sebagai hewan peliharaan instan.
Sea Monkeys tidak berbentuk seperti hewan monyet, namun hewan ini memiliki bentuk yang kecil seperti bibit nyamuk. Memiliki bentuk yang cukup unik membuat beberapa orang tertarik untuk merawatnya.
Mengenal Sea Monkeys, Hewan Peliharaan Instan yang Viral di TikTok (22265)
Monyet Laut. Foto: Screen Youtube Super Sea Monkey
Sea Monkeys tidak benar-benar hidup di alam. Hewan instan ini akan hidup apabila benih hewan dimasukkan ke dalam wadah berisi air. Pada awalnya, hewan kecil ini diberi nama ‘Instant Life’ dan dijual di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1962, Harold Von Braunhut mengubah nama hewan peliharaan instan ini menjadi 'Sea Monkeys'.
ADVERTISEMENT
Uniknya, Sea monkeys bisa mati suri jika hidup di lingkungan yang merugikan mereka dan dapat hidup kembali bila kondisi lingkungan membaik. Perkiraan hidup Sea Monkeys adalah 2 tahun, namun hewan ini dapat bereproduksi dengan sangat baik dan menghasilkan anak yang cukup banyak jika memiliki kebutuhan nutrisi yang cukup.

Sea Monkeys Terlahir dengan Satu Mata

Hewan peliharaan instan ini bernapas melalui kaki mereka dan tertarik pada cahaya. Fakta unik lainnya, Sea Monkeys hanya terlahir dengan satu mata, tetapi ketika sudah dewasa mereka akan memiliki dua mata. Untuk membedakan jantan dan betina, bisa dilihat melalui kumis. Sea Monkeys jantan memiliki kumis sedangkan betina tidak.
Kini Sea Monkeys banyak dijual di e-commerce dengan paket yang lengkap, mulai dari benih hewan, makanan, aquarium, hingga batu dan tanaman hias. Nah, apakah kamu tertarik untuk memelihara Sea Monkeys?
ADVERTISEMENT