Food & Travel16 September 2020 13:42

Menikmati Mi Gosong, Makanan Khas Sambas yang Bisa Ditemukan di Pontianak

Konten Redaksi Hi Pontianak
Menikmati Mi Gosong, Makanan Khas Sambas yang Bisa Ditemukan di Pontianak (792643)
Mi Gosong, makanan khas Sambas yang dijual di Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Jika pergi berlibur ke Sambas, Kalimantan Barat, tentu tidak akan melewatkan kuliner terkenalnya, yakni Mi Gosong. Bagi yang belum pernah mencobanya, nama makanan ini mungkin terdengar aneh.
ADVERTISEMENT
Kok makan makanan gosong? Jangan salah sangka, meski namanya begitu, mi yang disajikan ini tidaklah gosong seperti namanya. Mi in layak dimakan bahkan bikin ketagihan.
Untuk mencicipi mi ini sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Sambas. Sebab, di Pontianak tepatnya di Jalan Reformasi ada sebuah warung kopi yang menjual mi gosong khas Sambas ini.
Pemilik warung kopi, Dapi mengatakan, penyebutan gosong sendiri merupakan plesetan dari kata kosong. Hal tersebut dikarenakan mi ini tidak menggunakan campuran daging cincang.
Menikmati Mi Gosong, Makanan Khas Sambas yang Bisa Ditemukan di Pontianak (792644)
Pembuat mi gosong menyiapkan makanan yang selesai dimasak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
"Jadi, kuliner ini tidak menggunakan campuran daging cincang. Sehingga, masyarakat menyebutnya dengan sebutan mi kosong yang kemudian diplesetkan menjadi mi gosong," kata Dapi, Rabu (16/9).
Proses memasak mi gosong sebetulnya sama seperti memasak mi goreng biasa pada umumnya. Mi kuning digoreng dalam wajan, lalu ditambah kecap, kemudian dicampur dengan telur yang di orak-arik.
ADVERTISEMENT
Jika mi goreng umumnya dicampur sawi atau kol, berbeda dengan mi gosong. Mi ini dicampur toge dan daun katuk, atau masyarakat Sambas biasa menyebutnya dengan cangkok manis. Daun katuk itulah yang membuat aroma mi ini jadi begitu menggoda.
Selain itu, ciri khas lain dari mi gosong adalah aromanya yang menyeruak persis aroma makanan yang hangus alias gosong. Penyebabnya karena mi dimasak menggunakan tungku api.
Menikmati Mi Gosong, Makanan Khas Sambas yang Bisa Ditemukan di Pontianak (792645)
Mi Gosong, makanan khas Sambas yang dijual di Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Untuk rasa, tidak jauh berbeda dengan mi gosong yang ada di Sambas. Aroma harum pada makanan ini tercium begitu kuat ketika mi ini dihidangkan.
Bagi yang ingin mencicipinya, kedai mi gosong buka pada siang hari. Harga seporsi mi ini cukup terjangkau, hanya Rp 13 ribu per porsi. Sekali merasakan kenikmatannya, dijamin kamu akan rindu untuk berkunjung ke Kota Sambas, meskipun kamu bukan warga asli sana.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white