kumparan
search-gray
Food & Travel11 Januari 2020 16:32

Menikmati Sajian Bubur Pedas dari Warung 'Pa’ Ngah' di Pontianak

Konten Redaksi Hi Pontianak
Menikmati Sajian Bubur Pedas dari Warung 'Pa’ Ngah' di Pontianak (875031)
Bubur Pedas yang disajikan di Warung Pa' Ngah Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Hi!Pontianak - Sekilas, penampilan makanan ini memang kurang tampak meyakinkan untuk di santap. Terlebih melihat warna kuahnya yang kecoklatan bercampur dengan warna lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun, ingatkah kamu dengan pepatah jangan menilai buku dari sampul luarnya saja? Ketika kamu menyantap nama makanan bernama Bubur Pedas atau Paddas untuk pertama kali dijamin kamu akan langsung jatuh hati, karena rasanya jauh berbeda dengan tampilannya, rasanya sangat lezat dengan aroma yang begitu khas.
Bubur Pedas merupakan masakan khas Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Makanan ini biasa juga disebut dengan Bubbor Paddas. Saat mendengar kata “pedas” pasti kita akan mengira bahwa bubur ini memiliki rasa pedas, tapi ternyata tidak.
Kata “pedas” sendiri merupakan perumpamaan suku Melayu Sambas yang berarti beragam sayuran dan rempah dalam bubur tersebut. Ada berbagai macam sayur, seperti kangkung, daun pakis, jagung yang dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum yang digunakan untuk menambah aroma dalam bubur.
Menikmati Sajian Bubur Pedas dari Warung 'Pa’ Ngah' di Pontianak (875032)
Bubur Pedas yang siap disantap. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
Sayuran segar tersebut kemudian dipotong kecil-kecil, lalu dimasak menjadi satu dengan bahan dasar utama, yaitu beras yang sebelum ditumbuk halus dan dioseng bersama kelapa yang telah disangrai. Setelah semua bahan matang, Bubur Pedas siap disajikan dalam keadaan yang hangat dengan taburan pelengkap yakni ikan teri dan kacang goreng sehingga memberikan cita rasa gurih. Lezatnya bumbu dan aroma yang beragam membuat rasanya bukan hanya gurih, tapi memberikan kelengkapan gizi bagi pecinta sayur mayur.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk menemukan makanan ini di Pontianak cukup mudah, satu diantaranya tempat yang ramai dikunjungi masyarakat Pontianak adalah Warung Pa’ Ngah yang terletak di Jalan Pangeran Nata Kusuma. Tepatnya di samping Gang Siliwangi Pontianak.
Warung Pa' Ngah ini memang cukup dikenal bagi penikmat bubur pedas, tidak hanya bagi warga asli Sambas, tetapi juga warga yang ada di Pontianak pada umumnya. Ada beberapa menu spesial bubur pedas yang disajikan disini, di antaranya bubur pedas biasa, bubur pedas plus daging, bubur pedas plus kikil, bubur pedas plus tulang dan bubur pedas plus bakso.
Menikmati Sajian Bubur Pedas dari Warung 'Pa’ Ngah' di Pontianak (875033)
Selain Bubur Pedas ada menu sop daging yang disajikan di Warung Pa' Negah Pontianak. Foto: Lydia Salsabilla/Hi!Pontianak
“Para pengunjung rata-rata memilih menu Bubur Pedas sebagai makanan favoritnya, padahal menu yang lain ada. Tapi Bubur Pedas paling banyak di pesan pengunjung,” ujar Vivi, salah satu karyawan di Warung Pa’ Ngah kepada Hi!Pontianak, Sabtu (11/01).
ADVERTISEMENT
Selain menjual bubur pedas disini terdapat pula menu lain nya yang tak kalah menguggah selera makanan, diantaranya berbagai macam sop daging, nasi goreng hingga makanan ringan seperti mie sagu dan empek-empek.
Buat kamu yang sedang berkunjung ke Pontiaanak dan ingin mencobanya Warung Pa' Ngah dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Bubur Pedas ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 11 ribu per porsi biasa hingga Rp 24 ribu untuk semangkuk bubur komplet.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white