Meski Sudah Diguyur Hujan, Kebakaran Lahan Gambut di Mempawah Masih Belum Padam

Konten Media Partner
19 Oktober 2023 12:54 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas BPBD Mempawah berupaya memadamkan api. Foto: M. Zain/Hi!Pontianak
zoom-in-whitePerbesar
Petugas BPBD Mempawah berupaya memadamkan api. Foto: M. Zain/Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
Hi!Mempawah - Meskipun sudah turun hujan di sejumlah wilayah di Kabupaten Mempawah, namun hingga saat ini masih ada ditemukan titik api atau terjadi kebakaran lahan.
ADVERTISEMENT
Kamis siang, 19 Oktober 2023, tim BPBD Kabupaten Mempawah sedang berupaya memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.
"Sudah tinggal sedikit atau beberapa spot saja, tapi langsung kita padamkan. Karena dikhawatirkan akan hidup lagi dan kembali meluas," ungkap Kabid Damkar BPBD Kabupaten Mempawah, Desvan Erdanustie.
Menurut Desvan, meskipun sudah terkena hujan selama hari terakhir, kebakaran lahan yang terjadi di lahan gambut sulit padam.
"Meski sudah terkena hujan dalam beberapa hari terakhir, apinya berpotensi hidup lagi karena yang terbakar ini merupakan lahan gambut. Terkecuali curah hujannya cukup tinggi hingga merendam lahan yang terbakar," tambahnya.
Sampai sejauh ini, BPBD Kabupaten Mempawah baru mendapatkan laporan di Desa Pasir yang masih terjadi kebakaran lahan. Desvan berharap masyarakat bisa segera melaporkannya jika ada di tempat lain, sehingga bisa langsung ditangani.
ADVERTISEMENT
"Kita berharap masyarakat juga bisa segera melaporkan kebakaran lahan yang masih terjadi di tempatnya. Sehingga bisa segera kita tangani sebelum semakin besar dan meluas," tutupnya.