Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu, Ini Pesan Kapolres Sekadau

Konten Media Partner
11 Februari 2024 15:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Polres Sekadau menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan TPS. Foto: Dok. Polres Sekadau
zoom-in-whitePerbesar
Polres Sekadau menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan TPS. Foto: Dok. Polres Sekadau
ADVERTISEMENT
Hi!Sekadau - Polres Sekadau menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemilu 2024. Apel ini dipimpin oleh Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, di halaman Mapolres Sekadau, Minggu, 11 Februari 2024.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 174 personel Polres Sekadau diturunkan untuk mengamankan 698 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sekadau. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan jalannya pemungutan dan penghitungan suara.
"Peran Polri dalam pemilu ini sangatlah penting, yaitu untuk menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif," kata Kapolres.
Untuk memperkuat pengamanan, Polres Sekadau juga dibantu oleh 30 personel Brimob Polda Kalbar sebagai Power On Hand (POH). Selain itu, personel Dalmas Polres Sekadau juga disiagakan untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga.
Kapolres memberikan arahan tegas kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan TPS. Di antaranya, melakukan pengecekan lokasi TPS dan memastikan kesiapannya pada H-1 pemungutan suara.
ADVERTISEMENT
Memahami pola pengamanan TPS dan memastikan kelengkapan peralatan. Menjamin keamanan surat suara, kotak suara, dan logistik pemilihan lainnya. Berkoordinasi dengan KPPS dan petugas TPS lainnya.
Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS. Foto: Dok. Polres Sekadau
Mencatat dan memonitor potensi konflik, serta melaporkannya melalui aplikasi atau kepada Polsek dan Polres untuk antisipasi.
Mengamankan perhitungan suara dengan saksama dan melaporkan dinamika yang berpotensi memancing kerawanan. Menjaga netralitas dan profesionalisme dalam bertindak dan siap menjaga demokrasi.
Kapolres juga menekankan bahwa tugas pengamanan TPS merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.
"Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, dan profesionalisme. Kita jaga bersama demokrasi di Kabupaten Sekadau agar berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif," pesannya.
ADVERTISEMENT
Selain mengerahkan personel untuk mengamankan TPS, Polres Sekadau telah mendirikan posko pengamanan Operasi Mantap Brata kapuas di Polres Sekadau dan Polsek jajaran, Posko ini akan berfungsi sebagai pusat kendali dan koordinasi pengamanan selama berlangsungnya pemilu.
Kapolres mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024.
"Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan damai, sehingga pemilu dapat berjalan dengan sukses," tukasnya.