kumparan
KONTEN PUBLISHER
10 Februari 2020 20:54

Puskesmas Sekadau Hilir Terapkan Antrean Elektronik BPJS Kesehatan

WhatsApp Image 2020-02-10 at 15.32.24 (1).jpeg
Kunjungan BPJS Sekadau ke Puskesmas Sekadau Hilir. Foto: Dok. Istimewa
Hi!Pontianak - Puskesmas Sekadau Hilir merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Saat ini, Puskesmas Sekadau Hilir telah menerapkan antrean elektronik BPJS Kesehatan.
ADVERTISEMENT
Dengan sistem antrean online ini tentunya sangat membantu pihak Puskesmas Sekadau Hilir dalam memberikan layanan kepada pasien. Terdata hingga Februari jumlah peserta terdaftar sebanyak 19.391.
Dokter Pelaksana di Puskesmas Sekadau Hilir, Fadly Noviandi mengatakan, dengan adanya inovasi tersebut administrasi rekam medik peserta menjadi lebih tertib. Selain itu, tenaga kesehatan lebih cepat dalam melayani.
“Ini tentu berpengaruh dengan tingkat kepuasan pasien,” ujar Fadly, Senin (10/2).
WhatsApp Image 2020-02-10 at 15.32.24.jpeg
Pasien yang menunggu antrean di Puskesmas Sekadau Hilir. Foto: Dok. Istimewa
Pasien dapat mengaksesnya melalui mobile JKN. Sehingga, ketika pasien datang bisa langsung terlayani. “Semoga inovasi-inovasi baru yang BPJS luncurkan bisa disinergikan dengan faskes,” harapnya.
Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Sekadau, Siti Fatkhul Hidayah mengatakan, BPJS Kesehatan dalam meningkatkan jeminan pelayanan kesehatan meluncurkan beberapa inovasi, salah satunya adalah aplikasi antrean online. Ia menjelaskan, aplikasi tersebut bisa diunduh di aplikasi mobile JKN.
ADVERTISEMENT
“Kemudahan ini diberikan demi kepuasan peserta. Peserta yang akan berobat di FKTP tinggal mendaftar dari rumah dengan smartphone-nya dan bisa mengetahui kapan dia dipanggil untuk mendapatkan pelayanan,” jelas Ida, sapaan akrab Siti Fatkhul Hidayah.
WhatsApp Image 2020-02-10 at 15.32.23.jpeg
Puskesmas Sekadau Hilir menerapkan antrean elektronik untuk BPJS Kesehatan. Foto: Dok. Istimewa
Dengan kemudahan tersebut, peserta tidak lama menunggu di FKTP. Ida mengatakan, inovasi berikutnya, yakni mendorong FKTP untuk penyediaan display antrean.
“Di Puskesmas Sekadau Hilir yang notabenenya puskesmas dalam kota yang banyak peserta terdaftarnya sudah melaksanakan program ini. Dari sisi FKTP administrasi dan dokumentasi lebih tertata dan dari sisi pasien dia mengetahui antreannya dari monitor yang tertera,” tutur Ida.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan