Food & Travel
·
21 Juli 2021 12:14
·
waktu baca 3 menit

Rekomendasi 5 Resep Olahan Daging ala Chef Tanah Air

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Rekomendasi 5 Resep Olahan Daging ala Chef Tanah Air (95859)
searchPerbesar
Ilustrasi memotong daging dengan pisau. Foto: Shutter Stock
Hi!Pontianak - Momen Idul Adha identik dengan daging kurban. Umumnya, daging kurban diolah menjadi hidangan sedap, seperti sate, gulai hingga rendang.
ADVERTISEMENT
Namun jika bosan dengan menu yang itu-itu saja, kamu bisa mencari ide masakan lain yang tak kalah lezatnya. Sebab, Kini ada banyak inspirasi menu masakan yang bisa kita dapatkan melalui media sosial termasuk dari para chef terkenal.
Nah, berikut ini resep olahan daging dari chef Tanah Air yang bisa kamu coba:
1. Sapi Bumbu Rujak - Chef Juna
Sapi bumbu rujak ala Chef Juna bisa dijadikan pilihan jika bosan jika ingin citarasa yang lebih menyegarkan.
Pertama-tama haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, cabai rawit, ketumbar, merica hitam, air asam dan terasi. Lalu, iris daging memanjang dan tidak terlalu tebal namun jangan terlalu tipis.
Tumis daging dengan bumbu halus, daun salam, serai dan tambahkan santan. Masak hingga daging matang dan berikan irisan cabai rawit di atasnya.
ADVERTISEMENT
2. Daging Cabai Hijau - Devina Hermawan
Salah satu menu yang cocok untuk Idul Adha kali ini adalah resep daging cabai hijau, yang diklaim, tak kalah dibandingkan restoran. Masakan ala chef Devina Hermawan ini cocok untuk penyuka cita rasa gurih dan pedas dengan kombinasi berbagai jenis cabai hijau.
Gunakan daging bagian sengkel, ungkep dengan bumbu dasar, dan iris tipis agar mudah dikunyah. Tumis daging dengan cabai hijau cincang, tambahkan terasi dan potongan cabai rawit di bagian akhir. Kuncinya, jangan masak terlalu lama agar warna dan rasa cabainya masih segar dan menggigit di lidah.
3. Korean Beef Bowl - Farah Quinn
Menu makanan praktis dan hemat waktu memang selalu menjadi incaran. Saat kamu sibuk tapi ingin memasak daging kurban, menu Korean beef ala Farah Quinn bisa jadi pilihan.
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, tumis bawang putih cincang dan jahe parut sampai harum. Lalu masukkan daging cincang ke dalam tumisan tambahkan kecap asin dan aduk hingga rata matang.
Jika sudah mulai matang, masukkan irisan daun bawang dan aduk kembali. Apabila daging berubah jadi kecokelatan, tambahkan minyak wijen, garam, lada, dan aduk kembali. Setelah itu, sajikan daging di atas nasi putih dan taburkan daun bawang, wijen sangrai, dan rumput laut
4. Nasi Mandhi Kambing - Arnold Poernomo
Daging kambing biasanya diolah menjadi tongseng atau gulai, namun menu nasi mandhi bisa jadi alternatif yang tidak kalah lezatnya. Jurumasak berdarah Surabaya ini membagikan menu masakan timur tengah tersebut di kanal Youtube-nya.
Caranya, pertama potong daging berbentuk dadu dan rendam beras basmati selama satu jam. Kemudian, tumis daging dengan bawang bombay, serai, cengkeh, kapulaga, bunga lawang, jinten bubuk, kunyit dan garam masala hingga harum dan rebus hingga matang.
ADVERTISEMENT
Gunakan air rebusan untuk memasak nasi dan taruh beberapa potong daging di atasnya. Campurkan plain yoghurt, bawang merah cincang, perasan lemon dan irisan daun bawang sebagai topping.
5. Sei Asap Rumahan - William Gozali
Sei sapi kini menjadi menu yang sedang banyak dijual di kafe maupun restoran. Mumpung stok daging berlimpah, kita bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep dari Willgoz ini.
Rebus daging sapi dengan tambahan bumbu berupa bawang putih, ketumbar, daun salam, lengkuas dan lada. Pilih daging bagian sengkel agar teksturnya lebih empuk dan kenyal.
Iris daging tipis-tipis dan bakar sesaat dengan panggang di atas teflon. Tambahkan dengan tumisan daun singkong dan sambal yang sesuai selera.