Woman
·
18 Februari 2021 10:32

Selain Skabies, Ini 5 Jenis Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Selain Skabies, Ini 5 Jenis Penyakit Kulit Yang Rentan Menyerang Tubuh (93743)
Ilustrasi jerawat. Foto: Pixabay
Hi!Pontianak - Sejak beberapa bulan terakhir, ratusan warga Jalan Apel Gang Pisang Berangan, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Pontianak terjangkit penyakit kulit skabies.
ADVERTISEMENT
Penyakit skabies atau kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau, atau kutu bernama sarcopes scabei. Penyakit ini ditandai dengan keropeng pada kulit dan rasa gatal pada manusia.
Penyakit ini dapat menular dengan cepat jika tidak segera diobati. Tidak hanya menjangkit kepada orang dewasa saja, namun juga menyerang anak-anak, bayi, hingga balita.
Selain skabies, ada banyak jenis penyakit kulit yang sering diderita oleh banyak orang. Biasanya penyakit kulit disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus. Berikut ini macam-macam penyakit kulit yang rentan terjadi :
1. Kurap
Kurap merupakan salah satu penyakit kulit yang kerap menyerang tubuh. Kurap disebabkan oleh jamur yang menimbulkan lingkaran bersisik dengan bercak putih dan disertai rasa gatal. Bagian kulit yang paling sering terkena kurap adalah bagian tengkuk, leher, dan kulit kepala.
ADVERTISEMENT
2. Cacar Air
Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoester yang katanya terjadi hanya sekali seumur hidup. Penyakit kulit ini biasanya sering terjadi pada anak-anak dengan gejala ruam gatal pada seluruh tubuh. Akan muncul bintik-bintik merah muda yang kemudian berisi air. Cacar air ini dapat menular melalui sentuhan, lendir, atau ludah dari orang yang menderita cacar air.
3. Bisul
Bisul berbentuk merah dan dapat membesar yang disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit. Bisul kerap ditemukan di bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak, hingga kepala.
Faktor lain yang menjadi penyebab yaitu kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, hingga pelemahan diabetes. Tetap jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta mengonsumsi gizi yang seimbang agar terhindar dari bisul.
ADVERTISEMENT
4. Campak
Campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Umumnya penyakit ini kerap menyerang anak-anak. Gejala awal yang muncul yaitu demam, pilek, bersin, badan lesu, dan sakit kepala. Ruam berwarna merah kecokelatan akan muncul setelah beberapa hari kemudian. Bercak ini akan mulai dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher.
5. Jerawat
Jerawat merupakan penyakit kulit yang biasanya menyerang bagian kulit wajah. Namun, jerawat juga bisa muncul pada bagian-bagian tertentu misalnya belakang punggung badan hal tersebut dikarenakan adanya permasalahan pada kelenjar minyak kulit. Ketika kelenjar kulit tersumbat, hal ini yang membuat timbulnya jerawat. Faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya jerawat yaitu perubahan hormonal, stres, dan kebersihan yang kurang terjaga.
ADVERTISEMENT