Woman
·
14 April 2021 11:39

Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa (1179436)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan dehidrasi saat puasa Ramadhan. Foto: Shutterstock
Hi!Pontianak - Selama menunaikan ibadah puasa, tentunya kita tetap harus bersemangat untuk menjalani berbagai aktivitas. Namun, sebagian orang sering kali tidak memerhatikan kebutuhan cairan bagi tubuh sehingga cepat mengalami dehidrasi saat berpuasa.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan pola makan dan minum pada saat berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi yang dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh.
Dokter umum, Felicia Siswanto, dalam unggahan di media sosialnya memberikan tips mencegah dehidrasi saat berpuasa. Berikut di antaranya:
1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein
Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa (1179437)
searchPerbesar
Ilustrasi menuang kopi. Foto: Shutter Stock
Agar tidak dehidrasi saat berpuasa, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti, kopi, teh, atau coklat. Minuman yang mengandung kafein itu bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing.
Saat berpuasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kamu juga perlu menghindari minuman beralkohol dan soda.
2. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas
Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa (1179438)
searchPerbesar
Ilustrasi makan pedas. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Mengonsumsi makanan pedas saat sahur akan membuat kamu merasa haus. Makanan pedas membuat lidah terasa panas, hal ini membuat kamu untuk minum lebih banyak.
ADVERTISEMENT
Suhu tubuh juga akan meningkat setelah kamu mengonsumsi makanan pedas, ditandai dengan banyaknya jumlah keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan kadar air dalam tubuh berkurang dan memungkinkan kamu akan terus merasa haus.
3. Kurangi Asupan Garam
Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa (1179439)
searchPerbesar
Ilustrasi garam. Foto: Shutter Stock
Layaknya makanan pedas, mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung banyak garam juga dapat menyebabkan seseorang mudah merasa haus. Terlebih saat sahur, resiko mengalami dehidrasi saat menjalani puasa akan lebih tinggi.
Nah untuk itu, sebaiknya kamu menghindari makanan yang tidak mengandung banyak garam saat sahur agar tidak dehidrasi saat menjalani puasa.
4. Konsumsi Sayuran dan Buah
Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa (1179440)
searchPerbesar
com-Buah dan sayuran. Foto: Shutterstock
Sayuran dan buah sangat membantu menghidrasi tubuh agar terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Mengonsumsi sayuran dan buah saat sahur dan berbuka puasa sangat dianjurkan karena memiliki kandungan air dan juga serat yang dapat disimpan oleh tubuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, sayuran dan buah juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran selama berpuasa. Kamu bisa mengonsumsi brokoli, bayam, alpukat, semangka, jeruk, pepaya, atau sayuran dan buah lainnya yang memiliki banyak kandungan air.