Tito Karnavian: PLBN Jagoi Babang Siap Diresmikan, Dorong Ekonomi Perbatasan

Konten Media Partner
14 Desember 2023 9:15 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mendagri Tito mengunjungi Pos Lintas Batas Jagoi Babang. Foto: Dok. Adpim Pemprov Kalbar
zoom-in-whitePerbesar
Mendagri Tito mengunjungi Pos Lintas Batas Jagoi Babang. Foto: Dok. Adpim Pemprov Kalbar
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang pada Rabu, 13 Desember 2023. Kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan PLBN Jagoi Babang yang diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
“Saya sangat berharap secara teknis operasional PLBN Jagoi Babang ini sudah dapat dilaksanakan. Tetapi, harap berpikir ke depan untuk mewujudkan harapan Bapak Presiden, yaitu PLBN ini bisa menjadi sentra ekonomi. Pemprov dan pemkab bisa mendorong agar hal itu bisa terwujud,” ujar Tito.
Foto bersama Mendagri dan jajaran Pemprov Kalbar di PLBN Jagoi Babang. Foto: Dok. Adpim Jagoi Babang
Tito menambahkan, berbagai permasalahan juga kerap terjadi di wilayah perbatasan yang rentan, seperti lalu lintas orang maupun barang, baik melalui darat maupun laut.
“Bapak Presiden sangat perhatian terhadap masalah perbatasan dan itu bukan hanya klise omong-omong saja, tetapi betul-betul real dilaksanakan. Beliau sangat menyadari Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di seluruh dunia ini. Nah, kalau jalur darat, yang paling rentan ada di Kalimantan, Papua-Papua Nugini, dan Timor Timur,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, jika lalu lintas orang dan barang tidak diawasi dengan ketat, maka ini akan mengancam kedaulatan negara serta dapat memicu hal-hal yang merugikan negara, seperti penyelundupan narkoba, senjata api dan human trafficking.