TNI-Polri Kawal Pengembalian Logistik di Sekadau: Lewati Banjir dan Jalan Rusak

Konten Media Partner
16 Februari 2024 18:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas mengawal pengembalian logistik di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, menerjang banjir. Foto: Dok. Polres Sekadau
zoom-in-whitePerbesar
Petugas mengawal pengembalian logistik di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, menerjang banjir. Foto: Dok. Polres Sekadau
ADVERTISEMENT
Hi!Sekadau - Penghitungan surat suara dalam Pemilu 2024 di PPS Desa Kumpang Bis, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, telah selesai, pada Kamis sore, 15 Februari 2024.
ADVERTISEMENT
Namun, petugas TNI-Polri menghadapi berbagai rintangan dan hambatan saat melakukan pengawalan pergeseran 45 kotak suara menuju PPK Belitang Hilir. Petugas harus melewati kondisi hujan deras, jalan berlumpur, dan banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah setempat.
Karena kondisi tersebut, Brigadir Endriatno anggota Polres Sekadau yang bertugas di TPS Desa Kumpang Bis bersama personel TNI dan KPPS terpaksa menginap di Kantor Desa Kumpang Bis.
Brigadir Endriatno mengatakan, jarak tempuh dari Kecamatan Belitang Hilir menuju Desa Kumpang Bis sekitar 40 km. Biasanya bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.
"Dikarenakan hujan, kami terpaksa harus bermalam mengingat keamanan surat suara menjadi prioritas utama," kata Endriatno, Jumat, 16 Februari 2024.
Potret pengembalian logistik di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau. Foto: Dok. Polres Sekadau
Hari ini, para petugas pun membawa kotak sura tersebut menuju PPK Kecamatan Belitang Hilir, menggunakan kendaraan roda dua. Para petugas harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 300 meter dengan memikul kotak suara lantaran kondisi jalan yang dilalui terendam banjir. Ketinggian air mencapai di atas lutut orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Petugas TNI-Polri dan rombongan KPPS berjalan melalui genangan air agar kotak suara tidak rusak. Bahkan mereka harus memutar ke jalan lain di Desa Menua Prama, Kecamatan Belitang, sehingga menambah waktu perjalanan.
Tak hanya itu, kotak suara juga harus dievakuasi menggunakan mobil John Deere dengan dibantu pihak perusahaan setempat untuk bisa melewati jalan yang rusak dan berlumpur. Antisipasi kejadian yang tidak diinginkan juga dilakukan Polsek Belitang Hilir dengan menjemput rombongan.
"Hambatan tersebut dapat dilalui, tepat pukul 16.30 WIB, rombongan petugas TNI-Polri dan KPPS tiba di PPK Kecamatan Belitang Hilir, dan kotak suara dalam keadaan aman tanpa kerusakan," ujar Endriatno.
Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, mengungkapkan pergeseran kotak suara dari PPS Desa Kumpang Bis menuju PPK menjadi pergeseran terakhir. Terdapat banyak hambatan yang terjadi, tidak hanya di Desa Kumpang Bis.
ADVERTISEMENT
"Dalam pergeseran kotak suara dari PPS menuju PPK, memang terjadi banyak hambatan. Namun hal itu dapat diatasi dengan baik berkat kesigapan petugas TNI-Polri dan kerja sama dengan KPPS, sehingga kotak suara tiba di PPK dengan aman dan lancar," tuturnya.