News
·
1 Desember 2020 13:33

Update Corona 1 Desember 2020: Kalbar Zona Kuning, Pontianak Masih Zona Orange

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Update Corona 1 Desember 2020: Kalbar Zona Kuning, Pontianak Masih Zona Orange (511238)
searchPerbesar
Ilustrasi corona. Foto: Shutterstock
Update Corona 1 Desember 2020: Kalbar Zona Kuning, Pontianak Masih Zona Orange
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Provinsi Kalimantan Barat pada data Bersatu Lawan Covid (BLC) per 29 November 2020 masuk kategori zona kuning, atau tingkat risiko rendah.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengungkapkan, dari data BLC, terdapat 13 Kabupaten Kota yang masuk dalam kategori zona kuning, dan 1 daerah yang masuk dalam kategori zona jingga, yakni Kota Pontianak.
“Hanya Kota Pontianak yang masih berada di daerah risiko sedang, sementara itu 13 Kabupaten Kota lain semuanya zona kuning. Dan ini memang kura harapkan, terutama nanti di daerah yang menyelenggarakan Pilkada, sedapat mungkin dia zona hijau, sehingga penyelenggaraan pilkada tidak menyebabkan risiko kenaikan kasus,” jelas Harisson, Selasa, 1 Desember 2020.
Harisson mengatakan, wilayah Kalbar sendiri masih terus melakukan upaya testing dan tracing sebagai upaya pencegahan virus corona.
ADVERTISEMENT
“Dengan adanya penambahan Labkesda yang sekarang beroperasi, kapasitas pemeriksaan kira meningkat, sekarang tidak ada lagi sampel yang kami periksa lewat dari 5 hari, paling lama. Dan terus kita pepetkan, kalau bisa 3 hari,” ungkapnya.
Penambahan laboratorium pemeriksaan sampel swab di Kalbar ini membuat kapasitas pemeriksaan corona semakin meningkat, sehingga masyarakat tak lagi menunggu lama hasil dari pemeriksaan swab tersebut.