Entertainment
·
24 Februari 2021 16:51

Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Ini Artinya Menurut KBBI

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Ini Artinya Menurut KBBI (69314)
Nissa Sabyan. Foto: Instagram/Nissa Sabyan
Hi!Pontianak - Istilah kata 'gelay' belakangan menjadi viral di media sosial terutama Twitter dan Tiktok. Kata tersebut viral setelah munculnya sebuah potongan video Nissa Sabyan yang sedang menghampiri teman-temannya di bandara, bersamaan dengan merebaknya isu perselingkuhan antara dirinya dengan rekan satu grup bandnya, Ayus Sabyan.
ADVERTISEMENT
"Ih nggak mau, nggak suka, gelay. Ih nggak mau…" ucap Nisa dalam video yang diunggah oleh akun Tiktok @Bagaskara.HM.
Setelah video tersebut beredar di mana-mana. Kata 'Gelay' kini ini menjadi viral dan banyak digunakan oleh netizen. Lantas, apa yang dimaksud dengan kata 'gelay' tersebut?
Jika dicari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamu tentu tidak akan menemukan kata gelay. Sebab kata gelay sendiri bukan merupakan kata baku, melainkan sebuah ungkapan yang diplesetkan dari kata sebenarnya, yaitu 'geli'.
Sebagaimana dikutip dari laman kbbi.kemdikbud.go.id, Rabu, 22 Februari 2021, geli adalah perasaan seperti ketika dikitik-kitik atau digeluti. Jadi geli adalah rasa yang dialami seseorang ketika ketika tubuh digelitik.
Meski begitu, geli juga diartikan sebagai rasa nonfisik ketika ada sesuatu yang lucu, misal perbuatan atau ucapan seseorang, yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak. Di sisi lain, geli juga terkadang diartikan sebagai perasaan yang negatif dan jauh dari tawa seperti, rasa nyeri, ngilu, jengkel, bahkan jijik.
ADVERTISEMENT
Kata geli itu kemudian diubah menjadi 'gelay', untuk memberikan kesan gaul dan tidak biasa oleh mereka yang biasanya berusia remaja. Setelah populer di media sosial, bukan tidak mungkin kata 'gelay' akan memperkaya kosa kata bahasa gaul dan mulai sering digunakan oleh anak-anak muda.