Wisatawan Australia Ikut Mencoba Menumbuk dan Menampik Padi di Pekan Gawai Dayak

Konten Media Partner
21 Mei 2023 16:59
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wisatawan dari Australia juga ikut meramaikan perlombaan menumbuk dan menampik padi di Pekan Gawai Dayak. Foto: Dok. Hi!Pontianak
ADVERTISEMENT
Hi!Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-37 telah dimulai sejak Sabtu, 20 Mei 2023, di Rumah Radakng. Rangkaian kegiatan dan lomba juga sudah dilaksaksanakan seperti Lomba Menumbuk dan Menampik Padi yang digelar pada Minggu, 21 Mei 2023 di Rumah Radakng.
ADVERTISEMENT
Lomba Menumbuk dan Menampik Padi ini digelar untuk melestarikan budaya Dayak dan mengenalkan kepada generasi-generasi muda. Lusia, Koordinator Lomba Menumpuk dan Menampik Padi mengatakan, ada sebanyak 20 tim dari beberapa kota di Kalbar yang mengikuti lomba ini.
Satu tim terdiri dari 4 orang. Semua peserta merupakan perempuan dengan menggunakan baju adat Dayak dan alat untuk menumbuk dan menampik padi hingga menjadi beras.
"Lomba ini mencerminkan budaya orang Dayak, mulai dari gotong royong dan kerja sama yang baik. Menumbuk dan menampik dari padi hingga menjadi beras," ujarnya, Minggu, 21 Mei 2023.
Lomba Menumbuk dan Menampik Padi di Pekan Gawai Dayak. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Selain para peserta dan pengunjung dari Kalbar, salah satu wisatawan dari Australia juga ikut meramaikan perlombaan ini. Ia turut mencoba bagaimana caranya menumbuk dan menampik pada dengan alat yang disediakan.
ADVERTISEMENT
Lusiana mengatakan, wisatawan ini awalnya hanya menonton saja namun tertarik untuk mencoba dan ingin di dokumentasikan olehnya.
"Iya tadi dia (wisatawan dari Australia) cuma duduk nonton aja. Terus di mau foto lalu coba-coba menumbuk dan menampik padinya," ungkapnya.
Lomba Menumbuk dan Menampik Padi ini dimenangkan oleh Kabupaten Ketapang sebagai juara 1, Kapuas Hulu sebagai juara 2, dan Sintang sebagi juara 3.