Sekilas Mengenai Sistem Informasi Geografis

Hizkia Raphael Rinaldi Karambut
Urban and Regional Planning Student at Pradita University // Future Planner
Konten dari Pengguna
17 Juni 2024 14:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hizkia Raphael Rinaldi Karambut tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pesatnya perkembangan teknologi merupakan hal yang tidak dapat kita bendung. Penggunaan berbagai sistem untuk menunjang kehidupan manusia pun terus dilakukan. Salah satu terlihat secara jelas pada bidang pemetaan. Pada era modern ini, pemetaan tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan dengan bantuan teknologi canggih yang dikenal sebagai Sistem Informasi Geografis (SIG). Teknologi ini memungkinkan kita untuk mengolah dan menganalisis data geospasial dengan cara yang lebih efisien dan akurat.
Sumber : Pexels
Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis
ADVERTISEMENT
Saat ini, SIG menjadi suatu sistem penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. SIG memiliki kemampuan untuk menyatukan berbagai data spasial untuk kebutuhan informasi tertentu. Terlebih pemanfaatannya sangat masif dilakukan pada berbagai bidang keilmuan. Misalnya saja, pada bidang perencanaan wilayah dan kota. SIG membantu berbagai jenis pemetaan untuk merencanakan penggunaan lahan dan tata ruang yang tepat sasaran serta efisien.
Pemanfaatan SIG juga dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat umum. Terlebih ketika ingin bepergian, masyarakat memanfaatkan aplikasi Google Maps ataupun Waze untuk menemukan rute. Ya, keduanya merupakan pemanfaatan SIG yang dapat kita nikmati hingga saat ini. Menarik bukan? Tapi tidak sampai disitu saja, beberapa waktu belakangan muncul aplikasi transportasi online seperti GoJek dan Grab, keduanya pun merupakan bentuk inovasi dengan berlandaskan terhadap pemanfaatan SIG. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan Location Based Service pada kedua aplikasi tersebut. Location Based Service merupakan suatu teknologi untuk menemukan lokasi perangkat pengguna secara akurat.
(Sumber : Pexels)
Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografis
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai pemanfaatan Sistem Informasi Geografis. Namun, bagaimana dengan penggunaannya? Sistem Informasi Geografis dapat digunakan dengan beberapa perangkat lunak yang tersedia saat ini. Umumnya penggunaan ini dilakukan oleh berbagai profesional dan akademisi. Perangkat lunak yang umum digunakan seperti ArcGIS, QGIS, dan ERDAS. Penggunaan berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk mengoperasikan SIG pada beberapa fungsi. Secara umum, fungsinya meliputi analisis, pembuatan peta, penyimpanan, dan visualisasi data spasial.
Sistem Informasi Geografis (SIG) telah menjadi inti dari kebaruan teknologi di berbagai sektor kehidupan manusia. Mulai dari pemanfaatannya dalam berbagai bidang keilmuan hingga aplikasi navigasi yang umum digunakan oleh manusia. Manfaat dari keberadaan Sistem Informasi Geografis sangat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat termasuk terhadap para profesional dan akademisi pada berbagai bidang khususnya pemetaan. Dengan demikian, SIG bukan hanya menjadi landasan teknologi yang vital, tetapi juga membuka kesempatan yang lebih besar dalam eksplorasi di berbagai bidang keilmuan atau pengetahuan.
ADVERTISEMENT
Sumber : iStock