kumparan
KONTEN PENGGUNA
29 September 2019 20:19

Berkunjung ke Kedai Oseng Osing 'Surganya' Tumisan Pedas di Banyuwangi

WhatsApp Image 2019-09-29 at 7.58.01 PM.jpeg
Oseng Cakalang. Foto : @hobimakan.banyuwangi
Apakah kamu tergolong orang yang menyukai masakan pedas? Jika iya, mungkin lidahmu akan merasa dimanjakan ketika berwisata kuliner di Banyuwangi. Di kabupaten yang berada di ujung Timur Pulau Jawa ini, masyarakatnya merupakan penikmat masakan bercita rasa pedas. Hampir dipastikan, kuliner pedas selalu menjadi favorit warga Bumi Blambangan.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk menarik minat para pencinta pedas di Banyuwangi, ada sebuah warung makan yang menawarkan berbagai menu oseng-oseng pedas atau dalam Bahasa Indonesianya tumisan pedas.
Namanya Warung Oseng Osing. Kalian bisa menemukan warung ini di dua lokasi. Pertama di Pujasera Dulur Isun Jl. Kepiting dan yang kedua ada di Pujasera Banyuwangi Kuliner yang berada di Jl. KH. Agus Salim.
Walaupun kedai yang dimiliki tak terlalu besar, jangan ragukan mengenai cita rasa yang ditawarkan. Tak hanya sekadar pedas, bumbu yang disajikan di kedai ini terasa nikmat di lidah dan membuat nafsu makan bertambah.
WhatsApp Image 2019-09-29 at 7.55.21 PM(1).jpeg
Oseng Cumi. Foto : @hobimakan.banyuwangi
Riska, si pemilik warung Oseng Osing mengatakan ide awal membuat menu oseng-oseng serba pedas ini adalah ketika berkunjung ke Jakarta. Kala itu, dia menemukan sebuah kedai makan yang menawarkan menu serupa.
ADVERTISEMENT
Tapi, karena berlokasi di Jakarta, menurutnya harga yang ditawarkan tergolong mahal dibandingkan dengan harga makanan di Banyuwangi. Lantaran di Banyuwangi belum ada warung atau kedai yang khusus menjual oseng-oseng pedas, maka dia memberanikan diri untuk mendirikan Oseng Osing, tepatnya di tahun 2018.
WhatsApp Image 2019-09-29 at 7.54.37 PM.jpeg
Ceker Pedas. Foto : @hobimakan.banyuwangi
Seiring berjalannya waktu, kini Oseng Osing memiliki beberapa varian. Ada oseng cumi, udang, ikan cakalang, ayam, ceker, dan ikan pe atau yang lebih dikenal dengan ikan pari. Bahan yang digunakan di kedai ini dijamin segar, karena Banyuwangi sendiri kaya akan hasil laut.
Nah, istimewanya, menu-menu di sini itu selalu tersaji dalam kondisi panas, karena masakan baru diolah setelah ada pesanan. Jadi, tingkat kepedasan di sini bisa disesuaikan dengan selera pengunjung. Mau enggak pedas bisa, mau dibuat pedas banget juga bisa.
WhatsApp Image 2019-09-29 at 7.55.22 PM.jpeg
Oseng Ayam. Foto : @hobimakan.banyuwangi
Untuk rasanya jangan ditanya. Semuanya bikin ketagihan. Berbagai isian tadi ditumis dengan bumbu yang telah dicampur sambal, kemudian ditambahkan pula dengan daun kemangi. Hasilnya, aroma dari kemangi tak hanya membuat masakan lebih harum dan sedap, tapi juga dapat menghilangkan amis yang muncul. Nikmat sekali.
ADVERTISEMENT
Oiya, jika sedang musim petai, penggemar petai akan lebih bahagia lagi, karena mereka juga bisa pesan dengan tambahan petai. Semakin nikmat jadinya.
WhatsApp Image 2019-09-29 at 7.55.21 PM(2).jpeg
Oseng Udang. Foto : @hobimakan.banyuwangi
Berbagai olahan oseng-oseng pedas yang baru saja dimasak disajikan dengan sepiring nasi putih hangat, menjadikannya sebuah perpaduan yang pas. Apalagi jika ditambahkan dengan kerupuk, makan pun jadi kalap. Dijamin kalian bakal menambah lagi sepiring nasi putih.
Soal harga bagaimana? Jangan khawatir, pemilik warung berjargon “Jawara Oseng Pedas” ini membanderol menunya dengan harga yang masih dapat diterima warga. Semua varian menu oseng-oseng pedas dibanderol Rp 15 ribu saja, harga yang standar untuk satu porsi makanan berat di Banyuwangi. Porsinya pas, rasanya juga nikmat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan