Entertainment
·
26 Oktober 2017 14:46

Antioksidan Vitamin C untuk Menghalau Radikal Bebas

Konten ini diproduksi oleh Carepedia
Antioksidan Vitamin C untuk Menghalau Radikal Bebas (530022)
searchPerbesar
Buah Jeruk. (Foto: Thinkstock)
Tahukah kamu bahwa vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan? Ya, vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kamu dari efek buruk radikal bebas.
ADVERTISEMENT
Radikal bebas dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh dari hasil metabolisme. Namun, paparan terhadap polusi ataupun makanan yang tidak sehat menyebabkan jumlah radikal bebas dalam tubuh meningkat dan tidak terkontrol. Tubuh akan berusaha menetralisasi radikal bebas tersebut, namun radikal bebas yang tidak bisa dinetralisasi oleh tubuh dapat menjadi pemicu berbagai penyakit.
Namun kamu tak perlu khawatir, jika rajin mengonsumsi vitamin C, kamu pun akan mendapatkan fungsi antioksidan yang bisa menetralkan dan mengurangi masuknya radikal bebas yang berlebihan. Tubuh yang terbebas dari radikal bebas pun akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti:
Penyakit Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan berkurangnya kemampuan kognitif, penurunan daya ingat jangka pendek, serta mood yang berubah-ubah. Alzheimer umumnya menyerang orang-orang yang berusia 65 tahun keatas. Penyakit ini dapat dicegah sejak dini jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C karena peran antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa mencegah kerusakan pada otak. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa para lansia yang jarang mengonsumsi vitamin C lebih mudah untuk mengalami kemunduran kognitif (kecerdasan) yang cukup berat.
ADVERTISEMENT
Penuaan Dini
Radikal bebas juga bisa memicu timbulnya penuaan dini seperti munculnya keriput dan kantung mata di usia muda. Vitamin C sebagai antioksidan mencegah kerusakan sel kulit serta merangsang pembentukan kolagen yang mampu menjaga kekencangan kulit.
Penyakit Kanker
Radikal bebas juga tidak jarang merusak DNA yang menjadi benih tumbuhnya penyakit kanker. Saat DNA berubah, sel tersebut bisa bermutasi dan berkembang secara tidak normal dengan cepat. Untuk mencegahnya, rutinlah mengonsumsi vitamin C karena antioksidan ini memberikan efek kemopreventif yang dapat membersihkan atau melumpuhkan radikal bebas penyebab kanker.
Namun perlu diingat bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami, jadi untuk memerangi radikal bebas, ada baiknya untuk rutin memberi asupan suplemen vitamin C bagi tubuh yang aman dikonsumsi setiap hari.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white