kumparan
29 Mei 2019 18:47 WIB

KPK: Hutang itu Harus Produktif

Hutang itu harus produktif, bukannya produktif berhutang.
Itu salah satu poin penting yang gue dapat dari Kumpul Pinggir Kolam (KPK) Kumparan bareng FWD Life. Satu poin yang menyadarkan gue kalau hutang itu harusnya memberi nilai lebih, bukannya merepotkan masa muda ini.
ADVERTISEMENT
Masa muda yang habis untuk melunasi hutang, gaji yang lewat begitu saja demi nikmat sementara.
Dalam acara itu, FWD yang merupakan perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terbaik di Indonesia memberika sejumlah tips berharga untuk menjalani hidup. Mulai dari manajemen keuangan pribadi, risiko kerja, dan bagaimana mengantisipasinya lewat asuransi.
Salah satu yang dibahas ya soal manajemen hutang tadi. Jangan sampai, hutang itu hanya untuk memenuhi hasrat sesaat, tapi untuk investasi jangka panjang.

Contoh nih... misalnya gue kan influencer, perlu banget kamera. Buat apa? Buat hasilin konten yang lebih berkualitas.

Begitu...
Nah, poin lain yang gue dapet dari KPK Kumparan dan FWD ini juga soal pentingnya asuransi. Terutama nih, buat seorang freelancer kayak gue yang senang pergi ke mana-mana.
ADVERTISEMENT
Siapa yang tahu pas lagi jalan-jalan, ada layangan nabrak kepala gue? Kan sakit...
FWD dan Kumparan benar-benar berhasil mengemas acara KPK ini sangat berfaedah dan kreatif.
Mau tahu kan apa aja yang gue dapet dari acara ini? Banyak! Nih gue jelasin:

1. Games FWD Punya

Papan games FWD Punya yang hanya dimiliki FWD, tidak dijual atau disebarkan secara umum
Hal pertama yang gue dapet adalah edukasi sekaligus keseruan dari game board and card milik FWD alias FWD Punya. Dari permainan ini, gue jadi ngerti pentingnya asuransi untuk hidup.
Konsep gamesnya seperti monopoli, sekali putar ada kartu-kartu yang harus diambil. Kartu-kartu itu bisa berisi risiko pekerjaan, kegiatan, dan cara mengatasinya.
Awalnya gue dan tim diberi modal 10 koin. Dari 10 koin itu, gue bebas memilih mau beli apa. Saat itu yang gue beli asuransi dari FWD, yang isinya bisa mengcover perawatan gue, dari sakit biasa, cacat fisik, sampai meninggal.
ADVERTISEMENT
Nah, uang asuransi yang diperoleh kalau gue kecelakaan cacat permanen dan meninggal cukup besar. Otomatis, hanya di games inilah gue pengen banget cacat permanen.
Namun sial, gue gak cacat-cacat. Malah rekan setim gue yang cacat sampai dia kaya raya karena koinnya terkumpul sampai 270.
Caranya cacat gimana? Banyak-banyakin kegiatan ekstrem. Kegiatan ekstrem itu dari mana? Dari kartu kegiatan yang gue peroleh dalam setiap putaran. Jadi setiap putaran, gue boleh milih mau berkegiatan apa saja.
Games ini pun berakhir dengan poin gue yang hanya 76. Kesal, karena nggak dapet kompensasi dari asuransi.
Tapi dari games inilah gue sadar pentingnya asuransi. Siapa yang tahu, suatu saat gue bakal cacat permanen atau meninggal? Gue gak mau deh karena bencana yang menimpa gue, keuangan gue malah kecekik karena biaya pengobatan yang banyak. Berat rasanya.
ADVERTISEMENT
  1. Talkshow Edukatif
Setelah bermain games, gue pun keluar untuk menyaksikan talkshow dengan bintang tamu Mada Aryanugraha (Penasihat finansial) , Kadek Arini (Travel Influencer), Sir Dandy (Seniman), dan perwakilan FWD.
Dari talkshow ini, gue diedukasi soal pentingnya asuransi, apalagi buat mereka yang freelance. Pekerjaan freelance yang tanpa jaminan kesehatan dari kantor, membuat mereka yang menekuni bidang ini mesti mandiri.
Freelancer wajib membangun fondasi keuangannya sendiri dengan bijak. Jangan sering berhutang untuk hal yang tidak perlu, hanya demi memenuhi emosi.

"Berhutanglah yang produktif, bukan produktif berhutang," kata Mada Aryanugraha, penasihat finansial.

Wajib hukumnya memisahkan dana darurat, investasi, dan asuransi. Kalau belum teratur, berarti kamu belum on track secara ekonomi.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, FWD menawarkan sejumlah program khusus freelancer, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bahkan, untuk mereka yang pecinta permainan ekstrem, juga mendapatkan asuransi khusus di FWD.
FWD, mengemas asuransinya sesuai dengan kegiatan anak muda masa kini. Seperti Asuransi Bebas Handal, yang biayanya murah sekali, hanya Rp75,000. Dengan asuransi ini, kamu bebas jalani passion kamu, yang penting sudah terasuransi.
Ingat, kita hidup nggak hanya hari ini. FWD hadir untuk mengubah sudut pandang mereka soal asuransi.
Dalam KPK ini, juga dimeriahkan oleh Pamungkas, Alvin Baskoro, dan The Panturas.
Untuk info lebih lengkap soal asuransi FWD, kunjungi link di bawah ini:
Atau follow media sosialnya di:
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan