Konten dari Pengguna

0851 Kartu Apa? Simak Jawabannya di Sini

26 November 2021 12:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
clock
Diperbarui 17 Juli 2022 18:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
0851 Kartu Apa yang Digunakan? Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
0851 Kartu Apa yang Digunakan? Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak orang yang mencari tahu 0851 kartu apa yang digunakan pada nomor telepon dengan awalan tersebut. Sebab, orang ingin tahu provider apa yang diawali dengan empat angka tersebut.
ADVERTISEMENT
Kini, maraknya kejadian penipuan yang bermodalkan lewat SMS dan panggilan telepon. Sehingga, orang akan merasa waspada saat mendapatkan panggilan dari nomor tak dikenal.
Tak jarang, jika nomor tak dikenal itu menggunakan SIM Card dengan awalan empat angka tersebut. Lantas, nomor 0851 kartu apa? Simak jawabannya di sini.

Nomor HP 0851 Kartu Apa yang Digunakan?

0851 Kartu Apa yang Digunakan? Sumber foto: Telkomsel
Empat angka di awal nomor tersebut merupakan kode prefix yang dimiliki oleh setiap provider di Indonesia. Tujuannya adalah untuk membedakan HLR (Home Location Register) dan layanan apa yang ditawarkan.
Selain itu, HLR juga berfungsi untuk menyimpan seluruh informasi dan data pelanggan yang sudah tersimpan secara permanen, tetapi tidak bergantung dengan lokasi pelanggan.
Ternyata, 0851 merupakan awalan nomor dari Kartu AS yang dimiliki oleh provider Telkomsel. Selain itu, para pengguna juga bisa mendapatkan nomor dengan awalan selain empat angka tersebut, yaitu 0853 atau 0852 dan nomor ini berisi 11 hingga 12 digit.
ADVERTISEMENT

Tipe Kartu Telkomsel

Kini, kamu sudah tahu bahwa 0851 termasuk kartu apa, yaitu Telkomsel. Terdapat beberapa jenis kartu dari provider ini, seperti Simpati, Halo, dan Kartu As.
Sehingga, untuk kartu dengan nomor awal 0851 merupakan kartu Telkomsel dengan tipe Kartu As. Ini adalah salah satu tipe kartu yang sangat terkenal dengan kecepatan sinyal yang baik maupun koneksi internet yang stabil.

Cara Registrasi Nomor 0851

0851 Kartu Apa yang Digunakan? Sumber foto: Telkomsel
Registrasi nomor merupakan pendaftaran yang wajib dilakukan oleh penggunanya. Sebab, hal itu merupakan upaya dari pihak provider untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna Telkomsel dari tindakan kejahatan penipuan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.
Jadi, kamu wajib melakukan registrasi kartu Kartu As. Namun, pastikan kamu sudah menyiapkan persyaratan untuk melakukan registrasi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga.
ADVERTISEMENT
Jika kamu berminat untuk menggunakan kartu ini, maka wajib melakukan registrasi nomor ini. Berikut caranya yang dikutip dari laman Telkomsel:
Terdapat proses validasi yang merupakan bagian dari proses registrasi kartu prabayar. Dalam proses ini, data identitas diri pelanggan akan divalidasi melalui database kependudukan Ditjen Dukcapil dan berlangsung maksimal 1x24 jam.
Itulah jawaban dari pertanyaan 0851 kartu apa yang digunakan nomor tersebut. Jika terjadi kendala saat registrasi, kamu bisa datang ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa persyaratan untuk melakukan registrasi.
(SAN)