Tekno & Sains14 September 2020 7:31

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi

Konten kiriman user
11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298145)
Logo Android 11. Foto: Google
Setelah sekian lama, Google akhirnya merilis versi akhir dari sistem operasi Android 11. Sistem operasi yang satu ini dianggap menjadi yang paling modern dan canggih bagi para pengguna Android.
ADVERTISEMENT
Terdapat banyak fitur baru yang diberikan Google lewat pembaruan sistem operasi kali ini. Tidak hanya fitur, ada juga pembaruan tampilan dan peningkatan kemampuan kecerdasan buatan.
Tentunya Google tidak main-main dengan sistem operasi ini. Tim dari Google tidak hanya meningkatkan sistem secara visual dan fungsionalitas, tapi juga dari segi keamanan data pribadi pengguna.
Lalu, apa saja fitur-fitur baru pada Android 11? Berikut adalah ulasannya!
Video

1. Menu Tombol Power

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298146)
Tampilan baru menu tombol power. Foto: Google
Perubahan visual yang paling pertama disadari mungkin adalah pada menu tombol power HP Android. Menu yang muncul dengan menekan tombol power secara lama ini dahulu hanya akan menampilkan pilihan untuk me-restart, mengunci, atau mematikan HP.
Namun kini, Google memberikan lebih banyak fitur dalam menu ini. Pengguna kini bisa mengakses Google Pay Credit atau kartu debit yang bisa disesuaikan pada Google Pay.
ADVERTISEMENT
Seluruh boarding pass atau tiket apa pun yang diperoleh lewat Google Pay juga dapat diakses pada menu ini. Jika kamu adalah pengguna Samsung Pay, aplikasi tersebut juga bisa diatur agar muncul menggantikan Google Pay.
Selain itu, menu pada tombol power ini juga memberikan akses ke aplikasi Google Home. Artinya, pengguna bisa mengatur berbagai perangkat smart home melalui menu ini.

2. Media Player

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298147)
Media Player bisa diakses lewat menu notifikasi Foto: Google
Media Player pada Android 11 memperoleh upgrade yang luar biasa. Kini, aplikasi pemutaran musik dan video itu sudah terintegrasi dengan menu notifikasi (swipe-down layar bagian atas).
Pengguna sudah dapat mengatur pemutaran musik dan video dari YouTube lewat menu ini. Pengguna juga dapat dengan mudah mengatur perangkat apa yang akan digunakan sebagai speaker dengan cepat dan mudah.
ADVERTISEMENT

3. Bubbles

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298148)
Fiture Bubbles mempermudah akses aplikasi pesan. Foto: Google
Fitur yang satu ini akan membuat kamu semakin mudah chatting dengan teman dan keluarga. Setiap chat dalam aplikasi lain bisa kamu minimize dan ubah menjadi bola kecil yang dapat dipindahkan ke mana saja dalam layar.
Fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur chat heads milik Facebook. Google memberikan fitur yang sama dan telah mengintegrasikannya dengan banyak aplikasi pesan singkat.

4. Notifikasi yang Lebih Rapi

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298149)
Menu notifikasi mendapatkan pembaruan tampilan Foto: Google
Dengan Android 11, notifikasi pada layar kini terlihat jauh lebih rapi. Hal ini dapat dicapai setelah Google memberikan pengelompokan pada setiap notifikasi yang muncul di HP kamu.
Misalnya, setiap notifikasi pesan singkat akan masuk pada kelompok “Conversation” dan seterusnya. Google juga memberikan pengguna kesempatan untuk mengatur setiap kelompok dalam kategori berbeda: “Silent”; “Default”; “Priority”.
ADVERTISEMENT
Kategori “Silent” akan membuat kelompok tersebut tidak memperlihatkan notifikasi. Kategori “Default” akan membuat HP kamu berdering setiap notifikasi muncul. Sementara jika diatur pada kategori “Priority”, notifikasi akan selalu berada pada bagian paling atas menu notifikasi.

5. Screen Recording

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298150)
Screen Recording di Android tidak lagi membutuhkan aplikasi lain. Foto: Google
Selama ini, pengguna Android membutuhkan aplikasi tersendiri untuk merekam layar pada smartphone. Melalui Android 11, masalah ini tidak lagi akan terjadi.
Kamu bisa swipe-down pada layar untuk memunculkan menu notifikasi. Setelah itu, akan terlihat icon fitur screen recording. Setelah diklik kamu akan bisa merekam layar, bahkan terdapat fitur untuk merekam suara dan menunjukkan setiap sentuhan di layar juga.

6. Pemberian Izin Akses yang Lebih Ketat bagi Aplikasi

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298151)
Pemberian akses pada aplikasi dibuat lebih aman bagi pengguna Foto: Google
Setiap aplikasi membutuhkan akses kepada perangkat kamu. Misalnya, pada aplikasi untuk video call, tentu aplikasi membutuhkan akses ke kamera dan microphone pada HP. Meski krusial, tak jarang aplikasi justru menyalahgunakan akses ini untuk mengambil data pribadi pengguna.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari permasalahan ini, Google memberikan sistem yang lebih ketat bagi pemberian akses tersebut. Kini, pengguna dapat membuat setiap aplikasi menanyakan izin untuk mengakses hal-hal tersebut setiap kali aplikasi digunakan.
Pengguna juga bisa memilih opsi untuk memberikan akses hanya ketika aplikasi tengah digunakan. Sebagai contoh, suatu aplikasi hanya bisa mengakses kamera HP kamu ketika kamu sedang video call saja dan tidak pada waktu lain.
Tidak berhenti di sana, aplikasi akan kehilangan akses ketika suatu aplikasi lama tidak digunakan. Tentu ini akan sangat membantu ketika kamu lupa pernah menggunakan dan memberikan akses kepada suatu aplikasi.
Untuk menggunakannya, klik lama pada icon aplikasi, pilihan App Info (“i”), dan pilih “Permissions”. Kemudian pilih “Remove Permissions if App isn’t used”.
ADVERTISEMENT

7. Penyimpanan History Notifikasi

Jika kamu adalah orang yang sering ceroboh dan tidak sengaja menghapus notifikasi padahal belum terbaca, kamu tak perlu lagi khawatir. Pasalnya, Android 11 akan menyimpan history setiap notifikasi yang muncul pada perangkat.
Untuk memperolehnya, buka “Settings”, pilih “App & Notifications”, pilih “Notifications”, dan buka “Notifications History”. Ketika kamu menemukan notifikasi yang kamu cari, klik seperti biasa dan notifikasi akan membawa kamu ke aplikasi tersebut.

8. Voice Accessibility yang Lebih Pintar

Voice Access dapat membuat penggunanya mengatur HP hanya lewat suara. Sebelumnya, pengguna harus menyimpan beberapa suara untuk melakukan sesuatu pada perangkat.
Pada Android 11, kecerdasan buatan yang akan mendengar suara pengguna sudah diperbarui. Sistem dari Google pada Android 11 menjadi lebih mampu mendengar dan memahami apa yang disuarakan oleh pengguna.
ADVERTISEMENT
Kamu hanya perlu menyebut nama aplikasi atau mengatakan apa yang kamu ingin HP kamu lakukan, perangkat akan langsung memahaminya.

9. Pin Aplikasi di Share Menu

Pengguna Android kini bisa pin aplikasi yang sering digunakan pada Share Menu. Hal ini tentu mempermudah akses dan penggunaan bagi para pengguna.
Namun, sistem Share Menu bagi setiap aplikasi Google berbeda. Share pada Google Maps, Google Photos, dan YouTube semuanya terlihat berbeda. Hal ini membuat tampilan dan penggunaannya agak membingungkan.
Setidaknya, fitur baru ini membuat pengguna lebih mudah dibandingkan versi Android sebelumnya.

10. Saran Aplikasi yang Lebih Beragam

Fitur Smart Suggestions pada aplikasi dapat membantu pengguna mempercepat pekerjaan. Melalui Android 11, Google meningkatkan kemampuan fitur ini berdasarkan kebiasaan penggunaan HP.
ADVERTISEMENT
Bahkan, pengguna bisa membuat kolom "Suggested Apps" sendiri pada laman home screen. Fitur ini dapat mempermudah kamu untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan sehari-hari.

11. Fitur Baru Lainnya

11 Fitur Baru Terbaik Android 11: Menu Tombol Power hingga Notifikasi Makin Rapi (298152)
Google memberikan 117 emoji baru pada Android 11. Foto: Google
Beberapa fitur lain yang tidak terlalu mencolok juga diberikan Google. Salah satunya adalah mode Do Not Disturb yang akhirnya hadir untuk mematikan seluruh notifikasi pada waktu tertentu.
Selain itu, Android 11 juga tidak akan mematikan Bluetooth kamu saat digunakan meski kamu membuat HP masuk ke dalam mode Airplane.
Pengguna Android juga kini bisa kembali ke aplikasi sebelumnya hanya dengan melakukan swipe left atau swipe right pada layar.
Terakhir, Google menambahkan sebanyak 117 emoji baru bagi pengguna. Di dalamnya terdapat 55 warna kulit baru dan banyak desain emoji baru yang akan meningkatkan pengalaman kamu menggunakan Android 11.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba!
(EDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white