17 Kode Eror Mesin Cuci Samsung dan Cara Menanganinya

Konten dari Pengguna
11 Februari 2022 19:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
17 Kode Eror Mesin Cuci Samsung dan Cara Menanganinya (12205)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mesin cuci Samsung eror. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Salah satu merek mesin cuci di Indonesia yang terkenal adalah Samsung. Walau begitu, mesin cuci ini terkadang juga mengalami eror. Melansir dari laman resminya, ada beberapa kode eror mesin cuci Samsung yang tentunya bisa ditangani dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya menggunakan mesin cuci terbilang mudah, tetapi kamu tetap harus mengetahui caranya dengan tepat. Selain itu kamu juga harus memahami kode eror mesin cuci Samsung dan cara mengatasinya.

Daftar Kode Eror Mesin Cuci Samsung

  • DE (Door Error), artinya pintu mesin cuci belum tertutup dengan rapat. Untuk itu pastikan pintu mesin cuci sudah rapat agar tidak muncul kode ini.
  • 4E (Water Supply Error), artinya ada masalah pada aliran air yang masuk. Cara mengatasinya adalah dengan membuka selalu keran air dan pastikan air yang mengalir memiliki tekanan 50-800 Kpa.
  • 5E (Drain Error), yaitu gangguan pada saluran pembuangan. Maka dari itu bersihkan saringan pembuangan secara teratur sehingga tidak menyumbat air bekas cucian. Pastikan juga selang terpasang dengan benar.
  • UE (Unbalance Error), adanya gangguan pada stabilitas mesin cuci. Biasanya terjadi karena posisi mesin cuci tidak berdiri dengan stabil atau bisa juga karena ada cucian yang menggumpal. Untuk menanganinya hentikan dulu proses mencuci, keluarkan pakaian dari dalam mesin, dan masukkan kembali.
  • SUD (Foaming Detected), ini merupakan eror yang disebabkan oleh busa sabun. Pada kasus ini, mesin akan bekerja sendiri untuk mengurangi busa sabun sehingga mesin akan menjadi normal lagi.
17 Kode Eror Mesin Cuci Samsung dan Cara Menanganinya (12206)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kode error mesin cuci Samsung. Foto: Pexels.com
  • UC (Power Error), artinya tegangan listrik di rumah kamu tidak stabil sehingga proses mencucui tertunda secara otomatis.
  • LC / LC1, kode error mesin cuci Samsung pada selang pembuangan. Pastikan ujung selang pembuangan berada di lantai sehingga alirannya bisa keluar dengan lancar.
  • OE / OF (Overflow Error), ada kerusakan pada pendeteksi level air sehingga membuat pasokan air bekerja secara terus menerus.
  • 4C, kode eror mesin cuci Samsung ini terjadi karena sulai air tidak tersedia. Cara mengatasinya bisa dengan membuka keran air, pastikan keran tidak membeku, selang air tidak tersumbat dan pastikan mesin cuci bekerja dengan tekanan air yang cukup.
  • 4C2, pastikan selang pasokkan air tersambung ke keran air dingin, bukan panas.
  • 5C, disebabkan oleh air tidak mengering, cara mengatasinya dengan membersihkan filter serpihan. Pastikan juga selang pembuangan tidak tersumbat.
  • DC, kode eror mesin cuci Samsung ini disebabkan oleh pengoperasian pengering dengan keadaan pintu terbuka.
  • HC, kode eror ini disebabkan oleh Heater Control sehingga kamu perlu membersihkan wadah saringan atau kondensornya.
  • LE / LE1 (Water Leakage Error), terjadi karena busa terlalu banyak deterjen, lepasnya penutup filter pada pompa pembuangan, dan adanya kebocoran air pada selang pembuangan
  • UB, disebabkan oleh spinning tak berfungsi. Untuk mengatasinya posisikan pakaian tersebar dengan merata. Pastikan juga posisi mesin cuci tidak berada pada permukaan yang datar.
  • 1E, error ini disebabkan oleh water level sensor. Cara menanganinya pastikan selang penyuplai air tidak tersumbat, tidak terjepit atau terlipat, dan tidak terlepas dari keran air.
  • 5D, kode error mesin cuci Samsung yang terakhir ini terjadi karena saluran pembuangan tersendat. Pastikan apakah koneksi kabel motor drain/pengering sudah benar. Cek juga apakah ada kabel yang terputus atau tidak.
ADVERTISEMENT
(ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020