3 Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP Samsung

Konten dari Pengguna
17 Maret 2022 16:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada satu kondisi, tak jarang terdapat pesan masuk di WhatsApp yang tak diketahui oleh pemilik ponsel, termasuk pengguna Samsung. Itulah sebabnya, cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung kerap dicari untuk mengatasi permasalahan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tidak munculnya notifikasi pesan masuk pada WhatsApp merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya beragam, mulai dari tidak aktifnya fitur pop-up hingga permasalahan lainnya.
Sebagai salah satu aplikasi pesan yang digunakan jutaan orang, WhatsApp kerap dimanfaatkan sebagai media untuk bertukar kabar hingga berkomunikasi dengan rekan kerja. Inilah mengapa, fitur notifikasi sangat penting agar pengguna dapat mengetahui pesan yang masuk sebelum membuka dan membalasnya.
Untuk mengetahui cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung lebih lanjut, simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP Samsung

Tak sedikit pengguna WhatsApp yang ingin mengetahui isi pesan yang masuk tanpa perlu membuka aplikasi. Hal tersebut dilakukan agar status online tak terlihat oleh pengguna lain.
ADVERTISEMENT
Guna mengatasi hal tersebut, terdapat tiga cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung, yakni melalui fitur widget, mengaktifkan fitur notifikasi pop-up, hingga mengaktifkan tampilan notifikasi. Berikut caranya masing-masing:
Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP Samsung Melalui fitur Widget
Sama dengan jenis ponsel Android lainnya, Samsung menyediakan fitur widget yang memungkinkan penggunanya menampilkan aplikasi tertentu, termasuk WhatsApp, untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka ponsel Samsung kamu.
Tampilan opsi pengaturan layar pada HP Samsung. Foto: Atima Ni'matul/Kumparan
2. Pada layar utama, tekan dan tahan beberapa detik, hingga muncul opsi seperti ‘Wallpaper’, ‘Tema’, ‘Widget’, hingga ‘Pengaturan Layar Depan’ di bagian bawah layar utama. Lalu, pilih ‘Widget’.
Opsi tampilan widget pada HP Samsung. Foto: Atima Ni'matul/Kumparan
3. Lalu, akan muncul beberapa opsi widget pada ponsel. Cari widget WhatsApp dengan memasukkan kata kunci ‘WhatsApp’ pada bilah pencarian. Di layar, akan muncul beberapa opsi widget WA sesuai kebutuhan. Untuk memunculkan widget pesan, pilih ‘WhatsApp 4 x 2’. Tekan dan tahan opsi tersebut.
ADVERTISEMENT
4. Selanjutnya, kamu dapat mengatur letak dan ukuran widget sesuai kebutuhan.
5. Selesai.
Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP Samsung dengan Mengaktifkan Notifikasi Pop-up
Selain memunculkan widget, kamu dapat mengaktifkan notifikasi pop-up pada WhatsApp. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa fitur ini tak tersedia bagi Android versi 10 ke atas. Artinya, fitur notifikasi pop-up hanya ada pada ponsel Samsung maupun Android versi 9 atau versi sebelumnya.
Untuk mengaktifkan fitur tersebut, ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini:
Cara Menampilkan Notifikasi WA di Atas Layar HP Samsung Melalui Pengaturan Ponsel
ADVERTISEMENT
Tidak munculnya notifikasi juga dapat disebabkan tidak adanya akses aplikasi untuk menampilkan pemberitahuan. Pun demikian dengan WhatsApp. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut langkah yang dapat dilakukan.
Itulah tiga cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Samsung, semoga bermanfaat!
(ANM)