3 Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel dengan Mudah

Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 17:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kartu Telkomsel yang mati adalah kartu dengan nomor yang sudah melewati masa aktif dan masa tenggangnya tanpa dilakukan pengisian ulang pulsa atau paket data. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Kartu Telkomsel yang mati adalah kartu dengan nomor yang sudah melewati masa aktif dan masa tenggangnya tanpa dilakukan pengisian ulang pulsa atau paket data. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati adalah hal yang penting, terutama jika nomor telepon pada kartu tersebut masih sering digunakan untuk berbagai keperluan.
ADVERTISEMENT
Kartu Telkomsel yang mati adalah kartu dengan nomor yang sudah melewati masa aktif dan masa tenggangnya tanpa dilakukan pengisian ulang pulsa atau paket data. Setelah melewati masa tenggang selama 30 hari, kartu ini tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS atau menelepon pengguna lain.
Namun, jika status kartu mati masih dalam 175 hari setelah masa tenggang, pengguna dapat melakukan cara reaktivasi kartu Telkomsel. Bagaimana caranya? Simak panduan di bawah ini.

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel

Cara reaktivasi kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan tiga metode. Foto: Unsplash.com
Untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel, pengguna dapat melakukan tiga cara berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Telkomsel:

1. Menggunakan Kode Dial

Langkah pertama untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel adalah dengan menggunakan kode dial. Sebelum mencoba cara ini, pastikan sudah menyiapkan data yang dibutuhkan, yakni NIK dan nomor KK.
ADVERTISEMENT
Pastikan pula kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali sudah terpasang pada ponsel. Adapun langkah-langkah aktivasi kembali nomor Telkomsel melalui kode dial adalah sebagai berikut:

2. Melalui Telkomsel E-Care

Salah satu cara reaktivasi kartu Telkomsel adalah menggunakan layanan Telkomsel E-Care. Foto: Unplash.com
Jika pengguna lebih suka menggunakan layanan online, pengguna bisa menghubungi Telkomsel E-Care melalui media sosial. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT

3. Mengunjungi Kantor GraPARI Terdekat

Cara terakhir adalah dengan mengunjungi GraPARI terdekat. Siapkan KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM yang hangus.
Lalu, kunjungi GraPARI terdekat dengan membawa semua dokumen yang diperlukan. Perlu diingat bahwa reaktivasi nomor di GraPARI harus dilakukan secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.
Tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengguna untuk reaktivasi nomor Telkomsel. Namun, pengguna disarankan untuk mengisi ulang pulsa atau paket data internet minimal 10 ribu rupiah agar masa aktif kartu bisa langsung diperpanjang.
Segera aktifkan kembali kartu dalam kurun waktu 175 hari setelah masa tenggang. Jika kartu sudah tidak aktif selama 175 hari setelah masa tenggang, maka kartu benar-benar tidak bisa digunakan lagi.
Setelah itu, kartu akan didaurulang dan akan dialokasikan untuk pengguna baru nantinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengaktifkan kembali kartu sebelum mencapai masa daur ulang.
ADVERTISEMENT
(SAI)