3 Cara Screenshot Samsung Galaxy Grand Prime

Konten dari Pengguna
16 Januari 2024 9:42 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara screenshot Samsung Grand Prime. Foto: Samsung
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara screenshot Samsung Grand Prime. Foto: Samsung
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Techsmith, screenshot atau tangkap layar adalah proses perekaman atau pengambilan gambar konten yang tampil di layar HP. Dengan teknologi ini, kamu bisa mendokumentasikan apa yang terjadi di layar HP dan membagikannya ke orang lain.
ADVERTISEMENT
Samsung Grand Prime, sebagai salah satu smartphone Android terlaris di Indonesia dari Samsung Electronics, dilengkapi dengan fitur tangkap layar untuk memudahkan pengguna dalam mendokumentasikan kegiatan di smartphone.
Bagi yang belum terbiasa, berikut adalah beberapa metode dan poin-poin tutorial untuk mengambil tangkapan layar pada Samsung Grand Prime yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Screenshot Samsung Galaxy Grand Prime

Ilustrasi HP Samsung Grand Prime. Foto: Samsung

1. Screenshot dengan Kombinasi Tombol

Cara paling sederhana untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Namun, cara ini bisa mempercepat masa pakai HP apabila sering dilakukan. Karena semakin sering tombol ditekan, maka masa pakai tombol tersebut pun akan berkurang.
ADVERTISEMENT

2. Screenshot dengan Aplikasi

Alternatif lain untuk melakukan screenshot adalah menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia di Play Store atau App Store.
Tersedia banyak aplikasi Screenshot untuk berbagai jenis Smartphone, dan pengguna dapat mencarinya sesuai dengan tipe perangkat yang dimilikinya. Jika menggunakan sistem operasi Android, aplikasi dapat ditemukan di Google Play Store, sedangkan pengguna iOS dapat mencarinya di App Store.
Adapun cara screenshot Samsung Grand Prime menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:

3. Screenshot dengan Hand Swipe

Samsung Grand Prime juga menyediakan opsi Hand Swipe untuk mengambil screenshot dengan gerakan tangan. Caranya meliputi:
ADVERTISEMENT
Dengan berbagai metode ini, pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi masing-masing. Fitur-fitur ini tidak hanya memudahkan pengguna dalam mengambil tangkapan layar tetapi juga memperluas kemampuan perangkat ini dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Dengan screenshot, kamu bisa mendokumentasikan percakapan WhatsApp, pesan Tinder, cerita Instagram, atau frame video dengan cepat dan efisien.
Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode ini dan maksimalkan fitur tangkapan layar pada Samsung Grand Prime kamu.
(SLT)