Konten dari Pengguna

4 Cara Mengatasi Laptop Error Loading Operating System, Ikuti Langkah Berikut

27 Mei 2024 18:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi laptop error loading operating system. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi laptop error loading operating system. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Proses booting akan terjadi ketika laptop baru dinyalakan. Sistem laptop akan memuat semua data berdasarkan urutan boot di BIOS. Dalam kondisi normal, biasanya urutan pertama yaitu hardisk yang berisi sistem operasi.
ADVERTISEMENT
Namun, pada saat memuat sistem operasi masalah bisa terjadi, salah satunya adalah error loading operating system. Pesan error ini menandakan bahwa OS Windows kamu gagal dimuat. Simak ulasan selengkapnya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop error loading operating system.

Cara Mengatasi Laptop Error Loading Operating System

Ilustrasi cara mengatasi laptop error loading operating system. Foto: Freepik
Laptop gagal booting merupakan salah satu masalah yang kerap dialami pengguna. Saat masalah ini muncul, pengguna jadi tidak bisa masuk ke sistem operasi (OS) perangkat.
Ada beberapa hal kenapa error loading operating system. ini muncul, di antaranya:
ADVERTISEMENT
Adapun langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi PC error loading operating system. yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan System Restore

Ilustrasi cara mengatasi laptop error loading operating system. Foto: superuser
Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah pesan error loading operating system. yaitu dengan menggunakan system restore. System restore sendiri bekerja dengan cara mengembalikan kondisi sistem menjadi normal kembali. Dengan begitu, masalah error loading operating system dapat diatasi secara mudah.

2. Cek Pengaturan Hardisk Di BIOS

Cara kedua untuk mengatasi laptop error loading operating system adalah mengecek pengaturan hardisk di BIOS. Ini dilakukan jika bio laptop salah memuat partisi sistem.
Cara mengatasinya, yaitu masuk ke BIOS dengan menggunakan tombol Del, F1, F12 atau ESC dan cari pengaturan boot priority. Nantinya kamu tinggal memastikan bahwa hardisk berada di bagian paling atas dan perangkat yang lainnya ada di bagian bawahnya.
ADVERTISEMENT

3. Instal Ulang Windows

Melakukan instalasi ulang sistem Windows bisa memperbaiki kerusakan yang ada. Namun perlu dicatat, sebelum kamu melakukan instal ulang ini, kamu harus melakukan backup terlebih dahulu. Back up ini dilakukan supaya nantinya tidak ada data-data yang akan ikut terhapus atau menghilang dari laptop.

4. Gunakan Fitur Bootrec.exe

Bootrec.exe merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Windows recovery. Fitur ini dapat digunakan untuk memperbaiki error yang berhubungan dengan booting system.
Untuk menggunakan fitur tersebut kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
ADVERTISEMENT
(SLT)