4 Rekomendasi AC yang Hemat Listrik dan Dingin

Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 18:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi AC yang Hemat Listrik dengan Performa Bagus. Foto: Samsung
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi AC yang Hemat Listrik dengan Performa Bagus. Foto: Samsung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu masalah paling umum yang muncul dari penggunaan AC adalah tagihan listrik yang membengkak. Untungnya, ada banyak pilihan AC yang hemat listrik atau low watt sebagai solusinya.
ADVERTISEMENT
AC hemat listrik biasanya menggunakan kompresor yang lebih kecil, sehingga daya konsumsi listriknya lebih rendah. Meski begitu, AC ini tetap bisa memberikan performa terbaik dalam mendinginkan ruangan.
AC low watt pun sangat cocok digunakan oleh seseorang yang sering mematikan dan menyalakan AC. Itu karena energi yang dikonsumsi saat menyalakannya tidak banyak. Ada juga banyak AC hemat listrik yang harganya lebih terjangkau.

Rekomendasi AC yang Hemat Listrik

Ilustrasi AC Samsung WindFree Ultra. Foto: Samsung
Ada banyak AC low watt dari brand elektronik terkenal yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Simak rekomendasi AC yang hemat listrik di bawah ini.

1. Midea MSAF-05CRN2 (350 Watt)

Midea MSAF-05CRN2. Foto: Situs Resmi Midea
Merek Midea menawarkan produk AC berkualitas dengan daya 350 watt. Desainnya elegan dan dilengkapi lapisan anti karat Gold Fin pada evaporator serta kondensornya. AC ini sangat pas untuk orang yang tinggal di daerah tropis dan pesisir seperti Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pendingin ruangan hemat listrik ini bisa disetel hingga suhu 17 derajat. Bagian indoor AC ini juga sudah dilengkapi LED yang menampilkan indikator suhu, sehingga memudahkan pengguna untuk mengatur suhu ruang.

2. Samsung AR05JRFLAWKNSE (360 Watt)

AC Samsung WindFree Ultra. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
AC hemat listrik dari Samsung ini sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Perangkatnya dilengkapi dengan fitur smart installation, yang memungkinkan pengguna memeriksa parameter penting pada AC.
Selain itu, AC 1/2 PK ini dilengkapi dengan fitur mendinginkan ruangan lebih cepat serta performa yang tahan lama. Dan yang terpenting, dayanya hanya 360 watt.

3. LG AC Standard 1/2 PK H05TN4 (370 watt)

AC LG Dual Cool. Foto: Jofie Yordan/kumparan
LG menawarkan AC 1/2 PK low watt dengan fitur fast cooling yang membuat ruangan akan cepat dingin. Selain itu, ada fitur auto-swing yang membuat penyebaran udara di seluruh ruangan lebih merata.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya memikirkan fungsi, LG juga mengklaim bahwa refrigerant R32 yang dibutuhkan penyejuk ruangan ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan refrigeran R410A. Dengan demikian, AC ini dapat mengurangi risiko pemanasan global dan penipisan lapisan ozon.
Tidak cukup sampai disitu, AC ini dibekali fitur smart diagnose. Jika terjadi masalah pada AC, fitur LED akan menunjukkan kode tertentu. Jika seperti itu, Anda tinggal menghubungi saluran layanan bantuan LG dan sampaikan kode tersebut kepada teknisi untuk mendapatkan solusi.

4. Gree MOO5s Standard Series GWC-05MOO5S (370 Watt)

Gree MOO5s Standard Series GWC-05MOO5S. Foto: Situs Resmi Gree
AC low watt dari Gree ini dibuat dengan desain louver ganda, sehingga menghasilkan aliran udara yang dingin dan segar. Sistem mass air supply-nya dapat meningkatkan volume udara hingga 16,7% pada kecepatan terendahnya.
Dari segi keamanan, AC 370 watt ini sudah dirancang dengan teknologi anti-api, anti-bocor, anti-tegangan tinggi, dan anti-korsleting.
ADVERTISEMENT
(DEL)