5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka sesuai Penyebabnya

Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 14:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Foto: Unsplash/Solen Feyissa.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Foto: Unsplash/Solen Feyissa.
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka bisa lewat berbagai metode. How To Tekno akan membagikan solusinya lewat artikel ini, jadi simak hingga selesai untuk mengetahui informasi lengkapnya.
ADVERTISEMENT
Instagram adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna mencapai 1,32 miliar per Januari 2023 menurut catatan We Are Social. Dari jumlah tersebut, sebanyak 89,15 juta pengguna Instagram berada di Indonesia.
Sayangnya, pengguna Instagram beberapa kali melaporkan aplikasi media sosial tersebut tak bisa dibuka. Aplikasi Instagram langsung keluar usai dibuka dan tidak memunculkan konten terbaru.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka

Ilustrasi cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Foto: Pixabay/Minakel2003
Menurut LifeWire, ada beberapa penyebab kenapa Instagram tidak bisa dibuka. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa lebih mudah mengatasinya. Berikut daftar penyebabnya:

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Ilustrasi cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Foto: Unsplash
Berikut cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka yang dirangkum dari laman LifeWire:
ADVERTISEMENT

1. Menunggu Pihak Instagram Melakukan Perbaikan

Metode pertama adalah solusi apabila masalah disebabkan oleh eror di pusat. Bila demikian, semua pengguna Instagram tidak akan bisa mengakses aplikasi ini, bukan hanya kamu.
Kamu bisa mengecek apakah benar masalah terjadi dari pusat dengan mengunjungi akun Twitter Instagram @instagram. Pengguna Instagram hanya perlu menunggu pihak Instagram selesai menangani masalah di media sosial ini.

2. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa

Eror pada aplikasi di Instagram bisa terjadi karena ponsel tak dapat menjangkau aplikasi tersebut karena penggunaan RAM yang terlalu tinggi. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah menghentikan aplikasi secara paksa dengan cara berikut:
ADVERTISEMENT

3. Memperbarui Aplikasi Instagram

Aplikasi Instagram yang sudah usang bisa menyebabkan sulit dibuka. Sehingga, pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi secara berkala. Selain itu, pemutakhiran secara berkala bisa menghilangkan bug aplikasi.
Berikut ini cara memperbarui aplikasi Instagram:

4. Mengecek Jaringan Internet

Jaringan Internet yang buruk menjadi salah satu penyebab kenapa aplikasi Instagram tidak bisa dibuka. Kamu bisa beralih jaringan bila semula menggunakan WiFi lalu ke jaringan selular.

5. Melaporkan Masalah ke Instagram

Metode terakhir adalah membuat laporan ke pihak Instagram. Hal ini bisa dilakukan bila penyebabnya adalah adanya masalah pada akun.
ADVERTISEMENT
Hubungi email Instagram di [email protected] dan tunggu balasan dari pihak Instagram. Ikuti petunjuk yang mereka berikan untuk mengatasi masalah Instagram tidak bisa dibuka.
Itulah lima cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka. Selamat mencoba!
(NSF)