5 Cara Mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10

Konten dari Pengguna
5 Januari 2024 13:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10. Foto: unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10. Foto: unsplash.com.
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10 akan dijabarkan di artikel ini. Whea Uncorrectable Error merupakan pesan kesalahan yang muncul saat Windows mengalami layar biru atau kondisi Blue Screen of Death.
ADVERTISEMENT
Penyebab dari munculnya pesan tersebut ialah terjadinya kesalahan pada perangkat keras. Sebelum memaparkan cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10, How to Tekno akan menguraikan penyebab eror tersebut lebih lanjut pada pemaparan berikut.

Penyebab Whea Uncorrectable Error Windows 10

Ilustrasi penyebab Whea Uncorrectable Error Windows 10. Foto: pexels.com
Menurut laman intel.com, Whea merupakan singkatan dari Windows Hardware Error Architecture. Jika laptop Windows 10 mengalami kondisi eror layar biru dengan tulisan tersebut, artinya terjadi masalah perangkat keras pada laptop atau komputer pengguna.
Masalah ini dapat terkait dengan komponen hard drive, prosesor, dan memori yang rusak atau tak terpasang dengan benar. Selain itu hal ini juga dapat terjadi karena adanya driver perangkat yang kedaluwarsa atau adanya perubahan voltase pada perangkat.
ADVERTISEMENT
Karena kesalahan tersebut melibatkan kegagalan perangkat keras, perbaikan masalah ini melibatkan pelacakan komponen yang bermasalah dan penggantian suku cadang.
Cara terbaik untuk memulai perbaikan ialah mengecek perangkat lunak perangkat terlebih dahulu. Sebelum itu, pastikan data pengguna aman dengan melakukan booting perangkat yang bisa dilakukan melalui pengaturan BIOS.
Caranya atur BIOS ke pengaturan default dan reboot sistem perangkat. Setelah itu, pengguna bisa menerapkan solusi di bawah ini.

Cara Mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10

Ilustrasi cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10. Foto: unsplash.com.
Dikutip dari laman makeuseof.com, berikut cara mengatasi Whea Uncorrectable Error Windows 10 yang bisa dicoba.

1. Lakukan CHKDSK

Sebelum mengubah perangkat keras, jalankan Windows Check Disk dari Command Prompt. CHDSK adalah alat Windows yang berfungsi memverifikasi sistem berkas dan pengaturan tertentu.
ADVERTISEMENT
Fungsi alat ini bisa menjadi alternatif untuk memperbaiki masalah pada sistem perangkat lunak. Berikut caranya:

2. Cek Perangkat Keras

Cek secara fisik seluruh komponen perangkat keras. Periksa apakah sistem pendingin berfungsi penuh, RAM terpasang dengan aman, CPU bekerja dengan baik. Jika ada kesalahan pada semua perangkat keras segera perbaiki dan ganti komponen bila perlu.

3. Cek Pembaruan Windows

Perangkat Windows terkenal selalu memutakhirkan sistem perangkat. Jika pengguna menundanya di waktu yang lama, akan terjadi kesalahan eror pada sistem. Cari pembaruan firmware yang tertunda dan segera instal.

4. Cek Driver

Driver yang kedaluwarsa dapat membahayakan sistem Windows. Oleh karena itu, cek secara berkala driver perangkat dan mutakhirkan sistem driver dengan yang terbaru.
ADVERTISEMENT

5. Cek Memori RAM

Cek fungsi Memori RAM dengan memakai alat Windows Memory Diagnostic. Ikuti petunjuk di bawah ini.
(IPT)