6 Laptop Layar OLED, Ini Rekomendasinya

Konten dari Pengguna
16 April 2024 11:44 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Acer Swift Edge. Foto: Acer
zoom-in-whitePerbesar
Acer Swift Edge. Foto: Acer
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
OLED adalah sebuah teknologi display atau layar inovatif dan canggih yang ditemukan di berbagai produk-produk laptop terbaru. Berbeda dengan layar biasa, layar OLED memiliki lebih banyak keunggulan.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa laptop dengan layar OLED. Simak daftar selengkapnya!

Rekomendasi Laptop Layar OLED

Acer Swift 3 OLED. Foto: Acer
Dikutip dari buku Panduan Lengkap Komputer: PC, Laptop, Tablet oleh Priyatno & Duwi (2012), OLED (Organic light-emitting diode) dijelaskan sebagai suatu jenis layar yang menggunakan lapisan semikonduktor organik yang diselipkan di antara dua elektroda. Layar ini lebih tipis dan lebih terang dari layar LCD, serta mampu menampilkan kontras yang lebih baik dari layar kebanyakan.
Layar OLED memberikan kualitas grafis yang lebih jernih, reproduksi warna yang intens, dan pemakaian daya baterai yang lebih sedikit. Oleh karena itu, layar OLED menjadi pilihan terbaik untuk laptop terkini, berikut beberapa daftar laptop layar OLED terbaru:

1. Swift 3 OLED

Acer Swift 3 OLED. Foto: Acer
Acer Swift 3 OLED ini sudah dibekali layar OLED yang mampu menampilkan gambar tajam dan super detail. Dikutip dari laman resmi Acer, laptop ini memberi kualitas gambar terbaik dengan tingkat akurasi warna yang tinggi. Tidak hanya itu, layar laptop ini juga sangat aman untuk kesehatan mata karena sudah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland Eyesafe.
ADVERTISEMENT
Layar Acer Swift 3 OLED dilengkapi dengan Eyesafe Certified Display untuk mengurangi paparan blue light. Eyesafe Certified Display menyesuaikan warna layar dan menambahkan filter untuk meminimalisasi cahaya biru yang diterima oleh mata. Dengan begitu, kamu bisa bekerja atau bermain dalam waktu yang lebih lama tanpa merasa lelah.

2. Acer Swift Edge

Acer Swift Edge. Foto: Acer
Di urutan kedua ada laptop lain dari seri Acer, yaitu Acer Swift Edge. Produk laptop ini dibekali layar OLED berukuran lebar hingga 16 inch yang dapat mendukung produktivitas multitasking.
Swift Edge dapat menyuguhkan warna yang menawan dan aman bagi mata sehingga cocok untuk bekerja atau menikmati hiburan. Selain itu, layar laptop ini sudah mendapat dukungan color gamut 100% DCI-P3 dengan kecerahan mencapai 500 nits. Bahkan ada sertifikasi TÜV Rheinland Eyesafe yang menjamin keamanan dan kenyamanan mata kamu.
ADVERTISEMENT

3. ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Foto: ASUS
Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menawarkan tampilan layar OLED dengan spesifikasi mumpuni. Berdasarkan informasi dari laman resmi ASUS, laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 5800H terbaru dengan grafis AMD Radeon dan sistem pendingin kipas ganda. Bukan hanya itu, laptop ini didukung dengan RAM 16GB 3200 MHz DDR4 yang membuat aktivitas bermain game maupun editing semakin lancar.
ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah dilengkapi layar OLED dan memiliki spesifikasi paling tinggi yang mampu menunjang aktivitas berat. Dengan laptop ini, kamu bisa bermain game, melakukan editing, bahkan bisa menjalankan Android Studio dengan lancar.

4. ASUS Zenbook S 13 Oled UX5304

ASUS Zenbook S 13 Oled UX5304. Foto: ASUS
ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 menyajikan desain elegan dengan performa mumpuni untuk para penggunanya. Dengan layar OLED 13 inci yang menawan, Zenbook S 13 menampilkan visual yang tajam dan warna yang hidup, sangat ideal untuk kebutuhan desain dan editing.
ADVERTISEMENT
Laptop ini memang direkomendasikan untuk profesional dan kreatif yang memerlukan alat yang ringan dan kuat. Laptop ini pun mampu diajak untuk memenuhi kebutuhan mobilitas tinggi.

5. ASUS Vivobook Pro 14 K3400PH

ASUS Vivobook Pro 14 K3400PH. Foto: ASUS
Vivobook Pro 14 K3400PH memiliki keunggulan layar OLED 2.8K ke dalam kelas menengah sehingga memberikan penggunanya pengalaman visual yang mengagumkan. Ukuran layar laptop ini sangat ringkas dan berkualitas tinggi.
Resolusi tinggi OLED pada laptop Vivobook Pro 14 K3400PH ini menghadirkan detail gambar tajam dan warna yang lebih realistis sehingga tampilannya jadi lebih baik dari laptop lain.

6. Lenovo Yoga Slim 7i

Lenovo Yoga Slim 7i. Foto: Lenovo
Berdasarkan keterangan dari laman Lenovo, seri Yoga Slim 7i Gen 9 telah memiliki layar OLED 14 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel (WUXGA), refresh rate 60 Hz, dan aspek rasio 16:10. Ini akan membuat visualisasi layar lebih jernih dan lancar walaupun dipakai untuk menjalankan aplikasi dan game berat.
ADVERTISEMENT
Tak cuma itu, laptop Lenovo ini juga sudah memiliki lapisan Anti-Glare atau Matte. Ini membuatnya nyaman digunakan tanpa pantulan cahaya yang mengganggu.
(SLT)