Konten dari Pengguna

7 Aplikasi Cek Pelat Nomor Kendaraan, Praktis Tak Perlu ke SAMSAT

9 September 2022 15:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak pilihan aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui informasi lebih mendetail tanpa perlu mengunjungi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT).
ADVERTISEMENT
Keberadaan berbagai aplikasi itu bertujuan untuk menciptakan kemudahan bagi masyarakat dalam mencari informasi mengenai pelat nomor kendaraan yang dimiliki.
Pelat nomor merupakan komponen wajib dan penting untuk dimiliki. Melalui rangkaian huruf dan angka tersebut, kita dapat mengetahui identitas dan berbagai informasi kendaraan. Di Indonesia, keberadaan huruf di awal pelat nomor kendaraan menunjukkan kode wilayah.
Bagi kamu yang sudah penasaran apa saja aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang bisa dimanfaatkan, simak beberapa rekomendasi selengkapnya berikut ini.

7 Aplikasi Cek Pelat Nomor Kendaraan

Mengecek informasi pelat nomor kendaraan penting untuk dilakukan. Hal itu agar pemilik mengetahui berbagai informasi mengenai kendaraan yang dimiliki.
Pelat kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai penanda keabsahan bahwa pemilik kendaraan telah membayar pajak. Umumnya, pajak kendaraan tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
ADVERTISEMENT
Seluruh informasi tentang pelat nomor kendaraan kini bisa kamu akses melalui aplikasi di ponsel. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 7 aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang bisa kamu gunakan.

SIGNAL - SAMSAT Digital Nasional

SIGNAL - SAMSAT Digital Nasional. Foto: Play Store
Aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang ditawarkan oleh Korlantas Polri ini memungkinkan kamu mengakses berbagai informasi mulai dari pengesahan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, dan sebagainya.
Dengan begitu, kamu tak perlu mendatangi kantor SAMSAT terdekat untuk mengetahui informasi kendaraan yang dimiliki. Cukup daftarkan diri dan sertakan data kepemilikan kendaraan, maka segala layanan dapat diakses melalui aplikasi ini.

SAMBARA

SAMBARA. Foto: Play Store
Bagi kamu yang berdomisili di Provinsi Jawa Barat, SAMBARA bisa menjadi aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang patut dicoba.
Aplikasi besutan Puslia Bapenda Provinsi Jawa Barat itu memudahkanmu mengetahui informasi pelat nomor kendaraan dan pengecekan pajak tahunan.
ADVERTISEMENT

SAMBAT

SAMBAT. Foto: Play Store
SAMBAT merupakan aplikasi cek nomor pelat kendaraan khusus masyarakat Banten. Melalui aplikasi hasil pengembangan Bapenda Provinsi Banten itu, kamu tak hanya bisa mengecek informasi nomor pelat kendaraan yang dimiliki, tetapi juga bisa mengakses pelayanan mengenai pajak kendaraan.

NEWSAKPOLE

NEWSAKPOLE. Foto: Play Store
Aplikasi cek pelat nomor kendaraan bagi masyarakat Jawa Tengah ini juga memudahkan pembayaran pajak kendaraan dengan praktis.
Aplikasi NEWSAKPOLE memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga mudah untuk digunakan.
Kamu juga bisa mencari lokasi SAMSAT terdekat hingga mengetahui informasi Pajak Kendaraan Bermotor terbaru melalui aplikasi ini.

Samsat Online

Samsat Online. Foto: Play Store
Rekomendasi aplikasi cek pelat nomor selanjutnya, yakni Samsat Online. Berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi ini bisa membantumu mengetahui berbagai informasi kendaraan secara nasional.
Selain itu, Samsat Online membantumu mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang SAMSAT melalui bantuan aplikasi ini.
ADVERTISEMENT

Cek Ranmor DKI Jakarta

Cek Ranmor DKI Jakarta. Foto: Play Store
Informasi data kendaraan bermotor dan pajak kendaraan wilayah DKI Jakarta bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ini. Bagi kamu yang memiliki kendaraan berpelat nomor wilayah Jakarta, aplikasi besutan Info86 ini bisa dijadikan solusi yang sangat membantu.

Bapenda Sulsel Mobile

Bapenda Sulsel Mobile. Foto: Play Store
Aplikasi cek pelat nomor kendaraan terakhir, yakni Bapenda Sulsel Mobile. Aplikasi resmi dari Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan itu menyajikan berbagai informasi pajak kendaraan, cek nomor pelat, dan sebagainya.
Hanya dengan menyertakan data diri dan dokumen kepemilikan kendaraan pribadi, berbagai layanan bisa kamu dapatkan dengan mudah dan praktis.
Itulah tujuh aplikasi cek pelat nomor kendaraan yang bisa kamu unduh di ponsel. Dengan memanfaatkan salah satu aplikasi di atas, kamu bisa memperoleh berbagai informasi kendaraan dengan praktis dan mudah. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT
(ANM)