AC Changhong Error F4, Ini Penyebabnya

Konten dari Pengguna
14 Juni 2024 15:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi AC Changhong Error F4. Foto: Changhong
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi AC Changhong Error F4. Foto: Changhong
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beberapa produk air conditioner (AC) terbaru telah dilengkapi fitur canggih, termasuk fitur self diagnose dengan menunjukkan kode error di LED AC. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan perbaikan dan servis lebih awal agar performa AC tidak menurun. Salah satu merek yang mengadopsi fitur ini adalah Changhong.
ADVERTISEMENT
Kode error Changhong adalah fitur yang disediakan oleh produsen untuk mendeteksi kegagalan fungsi yang mungkin terjadi. Kode ini terdiri dari dua digit yang dapat berupa angka, huruf, atau gabungan keduanya.
Saat terjadi masalah, kode error akan muncul di panel display unit indoor. Lantas, bagaimana solusinya? Simak ulasan selengkapnya untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi AC Changhong Error F4.

AC Changhong Error F4

Ilustrasi AC Changhong Error F4. Foto: Freepik
Salah satu kode error yang ada pada AC Changhong adalah kode F4. Arti kode F4 sendiri adalah kegagalan motor fan dalam beroperasi, sehingga unit AC mendeteksi adanya ketidaknormalan dan menampilkan kode error F4 tersebut.
Kode F4 juga bisa berarti ada masalah pada pelindung sensor coil unit indoor. Artinya bisa saja sensor coil unit indoor terlalu panas dan menyebabkan masalah pada komponen lain.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa faktor yang menandakan AC Changhong kamu mengalami error F4, di antaranya:
Apabila masalah tersebut muncul, artinya kamu harus segera melakukan perbaikan pada AC agar bisa normal kembali.

Penyebab Error F4 pada AC Changhong

Ilustrasi AC Changhong Error F4. Foto: Shutterstock
Kode error F4 pada AC Changhong mengacu pada kesalahan pada motor fan indoor dan kerusakan di komponen pendukung. Apabila kode ini muncul, coba cek pada bagian motor fan apakah ada kabel-kabel yang putus atau ada kerusakan di komponen pendukung di bagian PCB indoor, termasuk kapasitor, resistor, dioda, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya segera panggil teknisi untuk memperbaiki AC milikmu. Jangan sampai AC Changhong yang kamu miliki mengalami penurunan performa.
Selain error F4, AC Changhong juga bisa mendeteksi kesalahan lainnya. Berikut adalah beberapa kode error pada AC Changhong:
ADVERTISEMENT
(SLT)