Apa itu Proxy? Begini Cara Kerjanya

Konten dari Pengguna
9 Maret 2022 16:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa itu Proxy? Begini Cara Kerjanya (23032)
zoom-in-whitePerbesar
Apa itu Proxy. Foto: Ed Webster/Pexels
ADVERTISEMENT
Apa itu Proxy dalam dunia teknologi menjadi informasi penting yang perlu diketahui anak muda namun masyarakat umum bisa mengetahuinya.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, di zaman serba digital ini masyarakat dituntut untuk melek teknologi dan ilmu pengetahuan khususnya tentang teknologi dan informasi.
Pada artikel ini, kamu bisa mengikuti pembahasan mengenai apa itu Proxy server beserta fungsi dan manfaatnya.

Apa itu Proxy Server dan Fungsinya?

Apa itu Proxy? Begini Cara Kerjanya (23033)
zoom-in-whitePerbesar
Apa itu Proxy. Foto: Petter Lagson/Unsplash
Di zaman serba maju seperti saat ini, penggunaan internet merupakan hal yang lumrah ditemukan dalam berbagai jenis kegiatan. Meski begitu, mengakses internet rupanya dihantui dengan adanya bahaya yang menyerang pengguna internet seperti keamanan data hingga pencurian identitas. Maka dari itu, kita perlu berhati-hati dalam mengakses
Dikutip dari buku Administrasi Infrastruktur Jaringan yang disusun oleh Ilham Ilahi, S. Pd, MTCNA, MTCRE (2020: 166). Server Proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan.
ADVERTISEMENT
Apakah itu Proxy adalah aplikasi di jaringan komputer yang berfungsi sebagai penengah antara PC Client dalam jaringan dengan web server di internet. Dengan adanya proxy, maka klien tidak akan terhubung langsung ke web server internet.
Lebih lanjut, pemaparan mengenai penggunaan proxy dalam akses internet juga dijelaskan dalam buku berjudul Keamanan Informasi yang ditulis oleh Miftahul Huda (2020: 26) yang memaparkan bahwa proxy bisa dikatakan sebagai sebuah server atau alat yang berfungsi meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet.

Fungsi Proxy

Apa itu Proxy? Begini Cara Kerjanya (23034)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi server Proxy. Foto: Kelvin Ang/Unsplash
Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa proxy berperan sebagai pihak ketiga yang membantu pengguna terhubung ke internet. Tiga fungsi utama server proxy adalah sebagai Connection Sharing, Filtering dan Caching.
ADVERTISEMENT
Server proxy berfungsi secara teknis untuk menjadi gerbang yang berperan membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar.

1. Connection Sharing

Proxy memiliki fungsi untuk menjadi gerbang yang membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar.
Ggerbang ini juga bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan jaringan luar, sehingga koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gerbang secara bersama-sama.

2. Filtering

Proxy bertindak seperti Firewall, yaitu sebagai filter jaringan internet sehingga setiap paket data yang dikirimkan akan dipindah dan difiltrasi. Tujuannya, melindungi jaringan lokal dari serangan luar.
Selain itu, proxy juga dapat membantu meminimalisasi serangan virus yang merugikan dan memblokir situs-situs yang mengandung SARA atau situs yang tidak diinginkan. Hal ini bisa menghindari pengguna jaringan membuka situs web yang dilarang.
ADVERTISEMENT

3. Caching

Proxy dapat dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwidth koneksi internet, karena adanya proses caching yang menyimpan cookies situs-situs yang pernah dikunjungi.
Selain itu, proxy memiliki mekanisme penyimpanan objek-objek yang sudah diminta dari berbagai server di internet. Caching pada proxy akan menyimpan semua data yang diminta dan diakses oleh para pengguna yang diperoleh dari internet.

Cara Kerja Proxy

Apa itu Proxy? Begini Cara Kerjanya (23035)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara kerja Proxy. Foto: ThisisEngineering RAEng/Unsplash
Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumber daya dari public server, proxy meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta.
Dengan menggunakan proxy, identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy memang umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.
Contoh perangkat lunak proxy yang populer digunakan oleh pengguna komputer, antara lain:
ADVERTISEMENT
  • Squid, proxy yang terkenal stabil dan mampu menangani beban besar.
  • OOPS, proxy yang misi utamanya adalah untuk kecepatan akses Cache Object. OOPS meletakkan seluruh objek pada beberapa berkas besar dan kemampuannya hampir sama dengan proxy pada umumnya.
  • Middleman, proxy yang menyediakan tampilan manajemen konfigurasi berbasiskan web sehingga pengguna dapat memilih melakukan konfigurasi dengan mengubah berkas XML (Extensible Markup Language) atau melalui web.
Itulah penjelasan mengenai apa itu Proxy dan bagaimana cara kerjanya dalam pemrograman.
(DEEM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020