Apa yang Dimaksud dengan IP Address? Kenali Definisi hingga Tipenya di Sini

Konten dari Pengguna
21 November 2022 12:58
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membuka situs web. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuka situs web. Foto: Unsplash.com
IP Address merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari Internet. Karena itu, memahami apa yang dimaksud dengan IP Address dibutuhkan bagi pengguna yang kerap mengakses situs web atau layanan digital lainnya.
Secara sederhana, IP Address berisi sederet angka yang menjadi identitas pengguna jaringan Internet. Bisa dibilang, setiap gawai memiliki IP Address yang berbeda-beda.

Apa yang Dimaksud dengan IP Address?

IP Address adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di Internet atau jaringan lokal. Menyadur Kaspersky, IP merupakan singkatan dari Internet Protocol yang dapat dipahami sebagai seperangkat aturan format data yang dikirim melalui Internet atau jaringan lokal.
Ilustrasi mencari tahu apa yang dimaksud dengan IP Address. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari tahu apa yang dimaksud dengan IP Address. Foto: Unsplash.com
Secara ringkas, IP Address dapat disebut sebagai pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar-perangkat di jaringan. Umumnya, IP Address memuat informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk berkomunikasi.
Di satu sisi, Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, ruter, dan situs web yang berbeda. Inilah mengapa, ada IP Address yang memudahkan penggunaan Internet dan mengidentifikasi berbagai perangkat yang terhubung di dalamnya.
Perlu diketahui, susunan IP Address bukanlah rangkaian angka acak, melainkan diproduksi dan dialokasikan secara matematis oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Biasanya, IP Address terdiri dari serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya, 192.158.1.38.
Setiap angka dalam rangkaian tersebut dapat bernilai 0 hingga 255. Dengan demikian, rentang pengalamatan IP lengkap mulai dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Apa Fungsi IP Address?

Selain menghubungkan perangkat ke jaringan Internet, IP Address memiliki berbagai fungsi penting lainnya. Dikutip dari Simplilearn, IP Address berfungsi mengidentifikasi host karena bertanggung jawab menyediakan perangkat jaringan yang mengakses Internet dengan identitas unik di web.
Ilustrasi jaringan Internet. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jaringan Internet. Foto: Unsplash.com
Identitas itu memungkinkan sistem untuk mengakses data yang tersedia di Internet dan sebagai pengenal untuk hub, ruter, atau sakelar yang terhubung dan mengakses data. Selain itu, IP Address berperan untuk mengidentifikasi lokasi host.
Seperti namanya, IP Address menyediakan lokasi sistem di jaringan. Fungsi ini dapat membantu bila ada tindak kejahatan siber. Pasalnya, IP Address memudahkan orang untuk melacak pelaku kejahatan dari alamat IP sistem yang digunakan untuk menjalankan aktivitas tersebut.

Apa Saja Tipe IP Address?

Menurut sumber yang sama, ada dua kategori IP Address yang umum ditemukan, yakni Private IP Address dan Public IP Address. Private IP Address berkaitan dengan alamat IP perangkat yang disambungkan ke jaringan Internet, seperti laptop, komputer, smartphone, dan sebagainya.
Ilustrasi mengecek IP Address. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengecek IP Address. Foto: Unsplash.com
Sementara Public IP Address bertindak sebagai alamat utama keseluruhan yang berisi semua perangkat jaringan dan saling berhubungan satu sama lain. Public IP Address sendiri dibagi menjadi dua sub-kategori, yaitu Dynamic IP Address dan Static IP Address.
Dalam alamat IP Publik, setiap perangkat dalam jaringan diberikan alamat IP pribadi. Nantinya, ada Internet Service Provider (ISP) yang mengawasi penugasan alamat IP publik ke perangkat jaringan (ruter).
Selain itu, ISP mengumpulkan sejumlah besar alamat IP yang mereka tetapkan untuk klien mereka.
Itulah uraian singkat seputar IP Address, mulai dari definisi hingga tipe yang umum digunakan. Semoga informasi di atas bermanfaat!
(ANM)
Bagaimana itu IP Address?
chevron-down
IP Address apa saja?
chevron-down
Public IP Address apa saja?
chevron-down