Konten dari Pengguna

Apa yang Harus Dilakukan jika Komputer Mengalami Hang atau Crash? Ini Solusinya

1 Maret 2024 16:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi komputer crash atau hang. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi komputer crash atau hang. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kendala seperti kinerja lambat atau kerusakan sistem dapat menghambat efisiensi aktivitas di perangkat komputer. Namun masalah hang atau crash ini masih bisa diatasi sendiri sebelum memanggil teknisi untuk memperbaiki perangkat.
ADVERTISEMENT
Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika komputer mengalami hang atau crash.

Solusi yang Harus Dilakukan jika Komputer Mengalami Hang atau Crash

Ilustrasi komputer crash atau hang. Foto: Unsplash
Hang atau crash kerap terjadi di komputer dengan berbagai penyebab dan untungnya masih bisa diperbaiki oleh kamu sendiri. Cara pertama adalah dengan reboot, tetapi kalau hang masih terus berlanjut, kamu bisa memanfaatkan kombinasi tombol tertentu untuk membuka Task Manager dan mengakhiri aplikasi yang tidak merespons. Sebelum itu, pastikan juga sistem operasi dan driver hardware komputer kamu sudah diperbaharui.
Dikutip dari lama teknospecial, hang yang terjadi secara berkala bisa jadi disebabkan oleh overheating. Maka dari itu, pastikan komputer yang kamu gunakan memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari menutup ventilasi. Selain itu, periksa juga kondisi hardware seperti RAM dan hard drive, karena kerusakan pada komponen ini bisa menjadi penyebab hang.
ADVERTISEMENT
Apabila hang telanjur terjadi, lakukan perbaikan mandiri terlebih dahulu sebelum membawa komputer atau laptop ke teknisi. Untuk solusi lainnya, simak pembahasan berikut:

1. End Task Window

Cara pertama adalah dengan end task Windows. Langkah ini bisa kamu lakukan apabila komputer mengalami masalah ringan, seperti salah satu aplikasi yang tidak mau merespons atau lemot ketika membuka dokumen. Langkahnya adalah sebagai berikut:

2. Cek Starting Windows

Dikutip dari laman Dewaweb, hang pada komputer atau laptop bisa saja terjadi ketika sedang membuka aplikasi atau bahkan saat sedang booting. Berikut cara yang bisa dilakukan:
ADVERTISEMENT
Pertama, pindai registry memakai CCleaner atau lakukan dengan antivirus. Apabila masih terjadi masalah yang sama, mungkin RAM yang digunakan kotor. Oleh karena itu, bersihkan segera RAM dengan menghapus karet atau vacuum cleaner. Jika masih bermasalah, periksa motherboard untuk melihat kondisinya.

3. Hapus BIOS Cache

Ilustrasi komputer crash atau hang. Foto: Unsplash
Masih dari Dewaweb, sebaiknya segera restart komputer apabila terserang masalah crash. Atau solusi lainnya adalah dengan force shutdown menggunakan tombol power.
Setelah proses force shutdown berhasil, nyalakan kembali komputer dan buka BIOS. Untuk menghapus BIOS cache lakukan langkah berikut:
ADVERTISEMENT

4. Periksa Kompatibilitas Perangkat

Hang atau crash bisa terjadi saat membuka aplikasi apa pun, tidak terkecuali game. Crash bisa terjadi karena spesifikasi komputer tidak sesuai dengan persyaratan aplikasi tersebut. Oleh sebabnya, pastikan spesifikasi komputer sesuai dengan persyaratan yang ada.
Apabila perangkat memang belum kompatibel dengan aplikasi yang dijalankan, kamu bisa mengatasinya dengan upgrade RAM atau SSD.
(SLT)