Konten dari Pengguna

Apakah Screenshot Story IG Ketahuan? Ini Jawabannya

6 September 2023 11:53 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah screenshot Story IG ketahuan? Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Apakah screenshot Story IG ketahuan? Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Informasi apakah screenshot Story IG ketahuan atau tidak kian dicari seusai munculnya postingan seorang pengguna media sosial tersebut. Ia menyebutkan bahwa terdapat notifikasi saat seseorang menangkap layar Cerita Instagram.
ADVERTISEMENT
Agar lebih jelas, artikel How to Tekno ini akan menjawab pertanyaan apakah screenshot Story IG ketahuan atau tidak. Jadi, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apakah Screenshot Story IG Ketahuan?

Apakah screenshot Story IG ketahuan? Foto: AmarPreciado/unsplash.com
Menurut buku Komunikasi Pemasaran Pariwisata terbitan Unitomo Press, Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya, salah satunya adalah Story.
Sementara itu, Instagram Story atau Cerita adalah fitur yang dapat digunakan untuk berbagi foto dan video dengan durasi singkat dan akan hilang secara otomatis selama 24 jam. Cerita IG sendiri sering dijadikan tempat berbagi kegiatan sehari-hari oleh penggunanya.
Tak jarang, aktivitas yang dibagikan pengguna menarik hingga membuat pengguna lain menangkap layar Cerita tersebut. Namun, beredar kabar bahwa pengguna yang menangkap layar Cerita orang lain bisa ketahuan.
ADVERTISEMENT
Lantas, apakah screenshot Story IG ketahuan? Mengutip laman androidauthority.com, saat ini Instagram tak akan memberi tahu pengguna mereka bila ada seseorang yang mengambil tangkapan layar Cerita.
Artinya, ketika pengguna lain mengambil tangkapan layar Instagram Story pengguna lain, mereka tak akan ketahuan atau tak ada notifikasinya. Hal ini berlaku juga pada fitur-fitur Instagram lain, yaitu Postingan dan Reels.

Notifikasi di Pesan Percakapan Langsung Instagram

Apakah screenshot Story IG ketahuan? Foto: Pexels
Masih dikutip dari androidauthority.com, satu-satunya notifikasi tangkapan layar yang muncul di Instagram adalah saat seseorang mengambil tangkapan layar pada foto atau video yang dikirim dalam pesan percakapan langsung atau direct message.
Namun, tak semua foto atau video yang dikirim dalam pesan percakapan langsung tersebut memberi notifikasi saat diambil tangkapan layarnya. Melainkan hanya foto atau video yang direkam dengan kamera di dalam obrolan.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena mengirim foto atau video dari kamera di dalam obrolan sifatnya hanya untuk dilihat sekali atau dua kali. Setelah itu akan hilang atau tak bisa dibuka. Karena itu, Instagram akan memberi tahu pengguna apabila penerima pesan mengambil tangkapan layar.
Cara mengirim video atau foto yang hanya bisa dilihat sekali dan nantinya ada notifikasi tangkapan layar tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut:
ADVERTISEMENT
(NSF)