Apakah TV yang Disambar Petir Bisa Diperbaiki? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 13:21 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
TV bisa saja terkena sambaran petir yang besar. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
TV bisa saja terkena sambaran petir yang besar. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Musim hujan umumnya disertai dengan petir yang besar. Fenomena alam ini dapat membawa risiko kerusakan pada berbagai perangkat elektronik di rumah, termasuk televisi.
ADVERTISEMENT
TV bisa saja terkena sambaran petir yang besar. Hal ini tentunya menimbulkan kekhawatiran kepada pengguna TV. Lantas, apakah TV yang disambar petir bisa diperbaiki?

Apakah TV yang Disambar Petir Bisa Diperbaiki?

Apakah TV yang disambar petir dapat diperbaiki? V yang terkena sambaran petir bisa diperbaiki,, namun tergantung pada tingkat kerusakannnya. Foto: Pexels.com
Mengutip dari laman IFixIt, TV yang terkena sambaran petir bisa diperbaiki, namun ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor pertama adalah tingkat kerusakan.
Sambaran petir dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada komponen internal TV. Ini termasuk papan sirkuit, power supply, dan komponen lainnya. Tingkat kerusakan akan menentukan apakah perbaikan memungkinkan atau tidak.
Jika TV masih dalam masa garansi atau dilindungi oleh asuransi, kita mungkin bisa mendapatkan perbaikan atau penggantian tanpa biaya. Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi atau polis asuransi yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Selain itu, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketersedian komponen atau bagian pengganti yang diperlukan untuk memperbaiki TV yang rusak.
Jika TV yang rusak adalah TV model lama, maka sulit untuk menemukan komponen pengganti sebab usianya produksi sudah lama. Dengan demikian, TV yang rusak susah untuk diperbaiki.

Jenis Kerusakan pada TV yang Disebabkan oleh Petir

Ada beberapa jenis kerusakan pada TV yang umumnya disebabkan oleh petir. Foto: Pexels.com
Menurut laman Badcaps, ada beberapa jenis kerusakan pada TV yang umumnya disebabkan oleh petir, di antaranya:
ADVERTISEMENT

Cara Memperbaiki TV yang Tersambar Petir

Untuk memperbaiki TV yang tersambar petir, kita perlu menyesuaikan dengan jenis kerusakan yang ada. Foto: Pexels.com
Untuk memperbaiki TV yang tersambar petir, kita perlu menyesuaikan dengan jenis kerusakan yang ada. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV yang rusak karena sambaran petir:

1. Periksa Fisik TV dan Kabel

Langkah pertama adalah memeriksa kerusakan fisik pada TV dan kabel-kabel yang terhubung. Cari tanda-tanda terbakar, meleleh, atau rusak pada komponen eksternal. Kerusakan yang terlihat pada kabel atau casing TV dapat menunjukkan masalah internal yang lebih serius.

2. Reset TV

Coba lakukan reset pada TV dengan mencabut semua kabel listrik, HDMI, antena, dan lainnya. Setelah semua kabel tercabut, tekan dan tahan tombol power pada TV selama sekitar 10-30 detik untuk mengosongkan sisa listrik di dalam perangkat.
ADVERTISEMENT
Kemudian, hubungkan kembali kabel listrik dan nyalakan TV. Langkah ini bisa membantu mengatasi masalah kecil akibat lonjakan listrik.

3. Ganti Sekering

Beberapa TV memiliki sekering internal yang bisa putus saat terjadi lonjakan listrik besar. Sekering ini berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen lain.
Jika merasa nyaman membuka bagian belakang TV, carilah sekering dan periksa apakah terlihat rusak atau terbakar. Mengganti sekering yang rusak dengan yang baru mungkin bisa memulihkan fungsi TV.

4. Periksa Power Supply

Jika memiliki pengetahuan dalam membongkar dan memperbaiki perangkat elektronik, cobalah untuk memeriksa power supply menggunakan multimeter untuk memastikan tegangan yang keluar sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan oleh TV.
Power supply adalah salah satu komponen yang paling sering rusak akibat lonjakan listrik. Jika ditemukan kerusakan pada power supply, menggantinya bisa menjadi solusi efektif untuk memperbaiki TV.
ADVERTISEMENT
Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil atau tidak merasa nyaman membuka dan memeriksa komponen internal TV, sebaiknya hubungi teknisi profesional. Teknisi yang berpengalaman dapat melakukan diagnosis lebih lanjut untuk menentukan komponen mana yang rusak dan apakah bisa diperbaiki atau perlu diganti.
(SAI)