Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 18:19
·
waktu baca 2 menit

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27493)
searchPerbesar
Ilustrasi mengetik laptop. Foto: Pixabay
Ada banyak aplikasi pengolah kata yang tersedia selain Microsoft Word. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat dokumen. Selain itu, kamu juga bisa mengerjakan tugas atau membuat artikel.
ADVERTISEMENT
Sebelum komputer ditemukan, orang-orang membuat artikel dengan mesin tik, di mana jika ada kesalahan pengetikan harus mengulang dari awal.
Namun, kini kamu bisa membuat artikel dengan program aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan kamu saat menyusun artikel.
Tentunya, kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengolah kata Microsoft Word yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah. Namun, masih ada banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan:

Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Dikutip dari Tech Radar, aplikasi yang termasuk aplikasi pengolah kata adalah:

1. LibreOffice

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27494)
searchPerbesar
Tampilan LibreOffice. Foto: LibreOffice
LibreOffice merupakan bagian dari Apache OpenOffice. Keduanya menawarkan aplikasi pemrosesan kata yang sangat mirip, namun LibreOffice hadir dalam pembaruan dan userbase yang lebih hidup.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi software pengolah kata LibreOffice untuk mengekspor pekerjaan ke berbagai format, salah satunya adalah PDF. LibreOffice juga menyediakan banyak fitur dan template yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan kamu.

2. WPS Office

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27495)
searchPerbesar
Tampilan WPS Office. Foto: WPS Office
WPS Office hampir sama dengan Microsoft Word. Aplikasi perangkat lunak pengolah kata ini menawarkan penyimpanan cloud gratis sebesar 1 GB. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif lain dari Microsoft Word.
WPS Office tersedia secara gratis dan berbayar. Jika kamu menggunakan WPS Office versi gratis, maka akan ada beberapa iklan yang muncul.
Selain mirip dengan Microsoft Word, aplikasi ini juga kompatibel untuk file presentasi, spreadsheet, dan lainnya.

3. FreeOffice TextMaker

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27496)
searchPerbesar
Tampilan Free Office TextMaker. Foto: Free Office TextMaker
Selanjutnya, ada aplikasi pengolah kata yang berbasis Windows, yaitu FreeOffice TextMaker. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai jenis template menarik. Dengan template tersebut, kamu bisa membuat dokumen, surat, dan lainnya secara cepat dan praktis.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa membuat template sendiri dan menyimpannya untuk digunakan pada waktu mendatang.
Ada banyak fitur yang dapat membantu pekerjaan kamu saat menggunakan aplikasi ini, seperti mengelola daftar pustaka dan sitasi. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa menyimpan dokumen dalam format .docx.

4. Focus Writer

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27497)
searchPerbesar
Tampilan Focus Writer. Foto: Focus Writer
Focus Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang ringan. Di dalamnya, tidak akan terlihat bilah jendela seperti yang ada di Microsoft Word. Jadi, tampilannya hanya background dan teks saja. Sehingga, pengguna aplikasi ini dapat bisa berkonsentrasi dengan penuh.
Kamu bisa mengganti tema background sesuai keinginan. Sesuai namanya, fungsi aplikasi pengolah kata ini adalah memblokir setiap gangguan yang bisa memecah fokus penggunanya.

5. Writer Monkey

Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Selain Microsoft Word (27498)
searchPerbesar
Tampilan Writer Monkey. Foto: Writer Monkey
Writer Monkey cocok digunakan bagi kamu yang hanya ingin menulis saja tanpa banyak pengeditan, salah satunya adalah membuat CV. Writer Monkey hanya bisa digunakan untuk file dengan format .txt saja.
ADVERTISEMENT
Aplikasi ini bersifat portabel, sehingga kamu tidak perlu meng-installnya. Kamu hanya perlu mengunduh file dan mengekstraknya.
Itulah beberapa aplikasi pengolah kata yang bisa kamu gunakan selain Microsoft Word. Dengan begitu, kamu memiliki alternatif lain untuk mengerjakan artikel atau pekerjaan lainnya.
(NSF)