Tekno & Sains
·
21 September 2020 16:11

Apple iOS 14 Resmi Rilis, Jangan Lupa Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Instal

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Apple iOS 14 Resmi Rilis, Jangan Lupa Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Instal (14562)
iOS 14 di iPhone. Foto: Apple
Apple memastikan kehadiran iOS 14 bagi pengguna pada kegiatan Time Flies beberapa waktu lalu. Saat ini, pengguna iPhone SE, iPhone 6S, atau iPhone yang lebih baru sudah bisa mengunduh iOS 14 di ponselnya.
ADVERTISEMENT
iOS 14 hadir dengan berbagai fitur-fitur baru. Salah satunya adalah aplikasi Translate baru dari Apple dan juga widget pada Home Screen. Selain itu ada juga aplikasi App Library yang bisa membuat iPhone kamu lebih rapi dan menarik.
Namun, sebelum terjun mencoba seluruh fitur baru di iOS 14, ada baiknya kamu berhati-hati. Pasalnya, update sistem operasi baru sarat akan bug dan kesalahan lainnya.
Untuk itu, menjadi penting bagi kamu untuk melakukan dua hal ini sebelum mengunduh serta menginstal iOS 14 di iPhone kamu. Selamat mencoba!

1. Hapus Aplikasi dan Media yang Tidak Terpakai

Apple iOS 14 Resmi Rilis, Jangan Lupa Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Instal (14563)
Tampilan baru di iOS 14 Foto: Dok. Apple
Pembaruan sistem operasi iOS 14 adalah sebesar 2,5 GB. Besarnya data tersebut bisa membuat proses pengunduhan dan instalasinya menjadi sangat lama.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengecek berbagai aplikasi dan media yang ada iPhone kamu. Hapus segala aplikasi yang sudah tidak digunakan. Biasanya, pengguna sering lupa menghapus aplikasi apalagi yang tidak menggunakan banyak storage.
Selain itu, cek juga foto serta video di perangkat kamu. Banyak foto-foto yang hanya merupakan screenshot atau tidak sengaja terambil dan tidak pernah digunakan. Begitu pula dengan video-video yang biasanya memakan banyak ruang di perangkat kamu.
Langkah ini tidak hanya akan membuat proses instalasi iOS 14 lebih cepat, tapi juga bisa membuat iPhone kamu jauh lebih tertata rapi. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang jika kamu menggunakan layanan iCloud berbayar.

2. Back Up Data iPhone

Sistem operasi baru sarat akan bug dan kesalahan-kesalahan lain. Jika tidak beruntung, bisa-bisa kegagalan instalasi membuat HP kamu ter-restart dan menjadi seperti HP baru yang kosong.
ADVERTISEMENT
Maka, penting untuk melakukan back up data iPhone sesaat sebelum melakukan update iOS. Back up data pada perangkat iPhone bisa dilakukan menggunakan iCloud, aplikasi Finder di MacBook, atau iTunes di komputer Windows.
Jika kamu menggunakan iCloud, cukup buka menu “Settings” > klik “Profile” pada bagian paling atas > “iCloud” > “iCloud Backup” > “Back Up Now”. Jika perangkat telah tersambung dengan Wi-Fi, proses back up akan otomatis berjalan.
Apple iOS 14 Resmi Rilis, Jangan Lupa Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Instal (14564)
Proses Back Up iPhone dengan iCloud. Foto: Apple
Jika, kamu menggunakan laptop MacBook, kamu bisa langsung menyambungkan HP kamu ke laptop. Kemudian, buka aplikasi Finder dan ikuti petunjuk yang ada untuk melaksanakan back up.
Sementara, jika laptop kamu berbasis Windows, kamu perlu mengunduh aplikasi iTunes terlebih dahulu. Jika sudah, langsung hubungkan perangkat ke laptop dengan kabel.
ADVERTISEMENT
Pada bagian “Summary”, kamu akan menemukan opsi “Back Up Now” yang dapat dipilih. Klik pada opsi tersebut dan proses back up akan langsung berjalan. Proses back up dapat berjalan lama atau sebentar bergantung pada jumlah data di perangkat kamu.
Apple iOS 14 Resmi Rilis, Jangan Lupa Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Instal (14565)
Proses Back Up iPhone dengan iTunes. Foto: Apple
(EDR)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white