Cara agar WhatsApp Tidak Disadap, Gunakan Fitur Aplikasi Ini

Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 19:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Cara Agar Whatsapp Tidak Disadap. Foto: AlexandraPopova/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Cara Agar Whatsapp Tidak Disadap. Foto: AlexandraPopova/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara agar WhatsApp tidak disadap dibutuhkan pengguna untuk meningkatkan keamanan privasi. Pesan instan tersebut menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk terhubung dengan banyak orang.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kemudahan mengirim pesan instan yang diberikan oleh aplikasi ini sering disalahkan pengguna untuk menyadap WhatsApp orang lain. Karena tindakan tersebut, isi pesan pribadi yang dimiliki akan bocor dan rawan disebarluaskan.
Untuk mencegah terjadinya penyadapan pada akun WhatsApp, simak artikel ini sampai selesai karena How To Tekno akan membagikan cara agar WhatsApp tak disadap pengguna lain.

Cara agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain. Foto: Unsplash.com.
Berdasarkan laman Pusat Bantuan WhatsApp, pengembang aplikasi sudah memberikan fitur verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp pengguna.
Pada pembaruan aplikasi, WhatsApp juga memberikan fitur keamanan biometrik sebagai langkah privasi tambahan. Fitur ini digunakan sebagai kunci akses aplikasi WhatsApp.
Adapun cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain ialah dengan mengaktifkan layanan verifikasi dua langkah dan fitur keamanan biometrik. Simak pemaparan selengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Menambahkan Verifikasi Dua Langkah

Menambahkan Verifikasi Dua Langkah. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Verifikasi dua langkah biasanya muncul setelah pengguna berhasil mendaftarkan nomor telepon yang dipakai untuk membuat akun. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu akan mendapatkan PIN yang muncul sewaktu-waktu untuk mengakses aplikasi.
PIN tersebut berbeda dari kode OTP pendaftaran yang diterima melalui SMS atau panggilan telepon. Berikut cara mengaktifkan verifikasi dua langkah pada WhatsApp yang bisa diikuti.
ADVERTISEMENT
Sebagai catatan tambahan, jika tidak menambah email dan suatu hari lupa PIN, kamu perlu menunggu selama 7 hari untuk mereset PIN tersebut. Oleh karena itu, pastikan email yang dimasukkan aktif karena WhatsApp tidak meminta verifikasi akurasi email.

2. Mengaktifkan Kunci Biometrik Aplikasi

Mengaktifkan Kunci Biometrik Aplikasi. Foto: Whatsapp.
Dikutip dari laman Tech Target, biometrik adalah teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengautentikasi berdasarkan bentuk fisik atau karakteristik unik seseorang.
Misalnya menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, retina, suara, dan lain-lain. Pada aplikasi WhatsApp, jenis biometrik yang dipakai adalah sidik jari dan pengenalan wajah.
Jadi, untuk menggunakan fitur ini kamu harus menyetel sidik jari atau pemindaian wajah di pengaturan aplikasi WA. Berikut cara mengaktifkan fitur biometrik WhatsApp.
ADVERTISEMENT
Demikian cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain. Semoga informasi di atas membantu, ya!
(IPT)